Salin Artikel

Rusun Disiapkan untuk Warga Dinar Indah yang Langganan Banjir, Wali Kota Semarang: Agar Hidup Tenang

SEMARANG, KOMPAS.com - Pemerintah Kota Semarang berencana membangun rusun yang akan digunakan untuk relokasi warga Perumahan Dinar Indah, Kecamatan Tembalang.

Seperti diketahui, beberapa waktu lalu, Perumahan Dinar Indah sempat terendam banjir karena tanggul yang berada di dekat perumahan jebol.

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, saat ini sudah dilakukan penandatanganan pengajuan pembangunan rusun.

"Kami juga telah meneruskan rencana tersebut ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," kata Hevearita, saat dikonfirmasi, pada Kamis (2/2/2023).

Rencananya, rusun akan didirikan di wilayah Semarang atas.

Perempuan yang akrab disapa Ita itu berharap, 35 KK yang akan direlokasi nantinya dapat hidup aman dan tenang.

"Kami akan segera upayakan agar warga bisa hidup tenang," imbuh dia.

Selain itu, Ita juga sudah berkoordinasi untuk melakukan penanganan banjir di hulu yang menjadi fokus perhatian Pemerintah Kota Semarang saat ini.

"Untuk penanganan banjir di hilir sudah berjalan eksekusinya seperti pengoptimalan rumah pompa, pembangunan tanggul laut, hingga pemasangan sheet pile," ujar Ita.


Ita mengaku, telah berkoordinasi dengan Bupati Semarang mengenai rencana penanganan banjir di hulu karena tidak cukup hanya dilakukan di perbatasan Semarang-Ungaran.

"Harus ada koordinasi di wilayah Kabupaten Semarang juga," ungkap dia.

Sekretaris Daerah Kota Semarang, Iswar Aminuddin menambahkan, Pemerintah Kota Semarang akan mengusulkan pembangunan groundsill di Sungai Mluweh.

"Pembangunan itu untuk mengurangi besar energi arus sungai sehingga meminimalisir daya kikisnya," imbuh Iswar.

Dia mengatakan, groundsill atau ambang sendiri merupakan bangunan yang didirikan secara melintang di tengah sungai.

"Selain bertujuan mengurangi arus sungai, groundsill juga mencegah bagian bawah sungai tidak mengalami penurunan secara berlebihan," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/02/150758878/rusun-disiapkan-untuk-warga-dinar-indah-yang-langganan-banjir-wali-kota

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke