Salin Artikel

Kapal Pesiar MV Ocean Odyssey Tak Bisa Bersandar di Sumenep, 124 Wisman AS Batal Pelesiran

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Moh Iksan mengatakan, batalnya kunjungan wisatawan mancanegara itu disebabkan oleh cuaca buruk. Kapal Pesiar MV Ocean Odyssey yang meraka tumpangi batal bersandar.

"Terjadi cuaca buruk dan membahayakan bagi penumpang, sehingga oleh travel agent yang menangani diputuskan untuk tidak bersandar," kata Iksan saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/2/2023).

Iksan mengatakan, Kapal Pesiar MV Ocean Odyssey yang membawa wisatawan mancanegara asal AS itu sebenarnya dijadwalkan tiba di Pelabuhan Kalianget Sumenep pada Rabu (1/2/2023).

Jika mengacu pada jadwal yang diterima oleh Dinas Pariwisata Sumenep, 124 wisatawan mancanegara itu akan mengunjungi sejumlah tempat di Sumenep pada Kamis (2/2/2023). Namun, rencana itu akhirnya batal digelar.

"Karena kapal pesiar tidak boleh bersandar, ya otomatis penumpangnya juga tidak bisa untuk mendarat. Akhirnya batal lah rencana kunjungan wisata ke Kabupaten Sumenep," kata dia.

Iksan menyebut, pihaknya sejatinya sudah menyiapkan paket wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Selain berkunjung ke masjid jami dan pendopo keraton Sumenep, para wisatawan mancanegara rencananya akan dibawa ke berbagai wisata alam seperti pantai Lombang, Slopeng, Pulau Giliyang dan Gili Labak.

Dengan batalnya kedatangan kunjungan wisatawan tersebut, pihaknya mengaku mengalami kerugian termasuk sejumlah persiapan yang sudah dilakukan. Meski begitu, Iksan tak mau menyebut berapa jumlah kerugian yang dimaksud.

"Jelas ada kerugian bagi kami yang sudah mempersiapkan semuanya dengan baik," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/02/114356878/kapal-pesiar-mv-ocean-odyssey-tak-bisa-bersandar-di-sumenep-124-wisman-as

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke