Salin Artikel

Isu Penculikan Anak Resahkan Orangtua di Bangkalan

Seperti halnya dirasakan Siti Maryam (29) warga Kecamatan Labang. Maryam kini tak hanya  mengantarkan buah hatinya, namun tetap berada di sekolah selama proses belajar mengajar berlangsung.

Padahal biasanya, Maryam pulang ke rumah setelah anaknya yang kini duduk di kelas 1 SD tiba dan memulai belajar di sekolah.

"Buat antisipasi, biasanya saya mengantarkan pas mau jam masuk, terus ditinggal nanti pas pulang dijemput lagi. Nah, sekarang enggak tuh, nungguin sampai selesai pulang," kata dia kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Maraknya kabar tentang penculikan anak itu, membuat Maryam rela mengorbankan pekerjaan rumahnya. Bahkan ia kini menutup usaha cuci bajunya.

"Saya IRT, di rumah ada usaha laundry, tapi saya tutup sementara dulu. Saya kerjakan setelah anak saya pulang sekolah. Memaksimalkan nomer WhatsApp saja takut ada yang mau ngambil atau naruh cucian," cetus dia.

Hal yang sama juga dilakukan oleh Rahmawati (35), warga Kecamatan Kota Bangkalan.

Tenaga harian lepas (THL) di salah satu organisasi perangkat daerah (OPD) ini terpaksa meminta izin kepada pimpinannya ketika jam istirahat sekolah dan setengah jam menjelang anaknya pulang sekolah.

"Saya minta izin saja, sama atasan saya, sudah berjalan tiga hari ini saya selalu minta izin untuk di jam itu, kadang kalau pas istirahat suami saya yang sengaja jaga dari luar pagar sekolah. Takut saja, namanya juga khawatir ya," bebe dia.

Kekhawatiran yang sama juga dirasakan Firda (28) warga Kecamatan Burneh. Baginya, isu penculikan anak, entah itu hoaks atau bukan, ia tetap harus waspada.

Ia saat ini bakal memastikan anaknya tiba dan masuk dalam kelas di sekolahnya.

"Apa ya, saya bukan urusan percaya atau tidak tentang penculikan anak ini. Tapi, bagi saya ini wajib dilakukan untuk memastikan keselamatan anak saya," kata dia.

Dia juga rela menunggu seharian di halaman sekolah anaknya, asalkan sang anak aman dan terlihat langsung dalam pantauannya.

"Saya hanya berharap. Mohon jangan sampai ada yang menjadi korban di Kabupaten Bangkalan ini," tandas dia.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Wiwit Ari Wibisono menegaskan hingga saat ini tak ada laporan penculikan anak di Bangkalan.

Menurutnya, yang ada saat ini adalah isu yang sengaja disebarkan untuk meresahkan warga.

"Itu (penculikan anak) kabar hoaks dan tidak benar," kata Wiwit kepada Kompas.com, Rabu (1/2/2023).

Wiwit menjelaskan, beberapa hari terakhir warga di Bangkalan juga dihebohkan dengan pesan suara yang menyebar secara berantai di grup WhatsApp dan foto pelaku penculikan anak.

Menurutnya, hoaks penculikan anak yang kini menyebar luas di Bangkalan itu sudah pernah terjadi pada sekitar 2016 dan 2017.

Kendati demikian, hasil penyelidikan yang dilakukan tim Reskrim Polres Bangkalan, kasus penculikan anak itu tidak pernah ada.

"Jadi, kabar yang beredar itu sudah pernah juga beredar di Bangkalan. Jadi, masyarakat tidak perlu resah karena faktanya memang tidak ada," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/02/02/085749478/isu-penculikan-anak-resahkan-orangtua-di-bangkalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke