Salin Artikel

Cerita Apip Tuai Teror dan Ancaman Usai Kritik Masa Jabatan Kades 9 Tahun

KOMPAS.com - Gara-gara mengkritik masa jabatan kepala desa (Kades) 9 tahun, Apip Nurahman, mengaku diteror dan diancam oleh orang tak dikenal melalui telepon.

Pria warga Desa Maras, Kecamatan Air Nipis, Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, itu pun dipaksa minta maaf atas kritikannya itu.

"Saya mendapatkan sejumlah teror dalam bentuk telepon. Isinya saya harus mencabut video kritik saya di TikTok dan YouTube. Bila tidak dihapus maka rumah saya akan didatangi oleh mereka. Saya tidak tahu siapa mereka, nomor telepon gelap," ujar Apip, Selasa (31/1/2023).

Tak salah melontarkan kritik

Dalam hati, Apip merasa tak bersalah dengan kritikannya terkait tuntutan masa jabatan kades 9 tahun.

Namun demikian, dirinya tak menampik sudah melontarkan maaf di saat pertemuannya dengan pengurus Perkumpulan Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Papdesi) dan Assosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apedsi) Kabupaten Bengkulu Selatan, Selasa (31/1/2023).

Selain itu, Apip mengakui, permintaan maafnya itu terucap karena dirinya dibentak saat pertemuan dengan anggota Papedsi dan Apedsi.

"Saya minta maaf kalau saya salah. Namun, dalam urusan ini saya tidak salah. Namun, ketika pertemuan terjadi, saya dimarah-marah, lalu saya juga beberapa kali dapat teror lewat telepon. Ya sudah, saya minta maaf saja," ujar Apip saat dihubungi Kompas.com, Selasa (31/1/2023).

Seperti yang dia tulis di media sosial, masa jabatab kades 9 tahun adalah tuntutan tak masuk akal.

Berikut ini yang Apip ungkapkan di akun TikkToknya, @apipnurahman:

"Hai Pak Kades yang kemarin demo minta masa jabatan diperpanjang sembilan tahun, sadarlah diri. Presiden saja lima tahun, sadarlah. Katanya ini tuntutan rakyat, rakyat yang mana? Saya sudah keliling-keliling di kampung tanya masyarakat. Enggak ada yang setuju," kata Apip di akun TikToknya @apipnurahman.

Tak hanya itu, Apip juga mendesak pemerintah untuk tidak merubah kebijakan masa jabatan kades sebelum pemilihan kepala desa.

"Kalau sembilan tahun saya mau ikut juga jadi kades. Saya mau jual rumah, sawah, dan kebun demi jadi kades sembilan tahun. Lumayan bisa kaya makan jadi kades sembilan tahun," ujarnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, kritikan Apip itu membuat anggota Papedsi dan Apedsi meradang.

Apip pun diminta melakukan klarifikasi di media sosial serta meminta maaf pada seluruh kades se-Indonesia. Apabila tidak dipenuhi, kasus itu akan dibawa ke ranah hukum.

Sementara itu, Ketua DPD Papdes Provinsi Bengkulu, Ridwan Agustian, mengaku tak tahu soal ancaman yang diterima Apip.

"Wah, kalau teror kami tidak tahu itu," ujar dia.

(Penulis : Kontributor Bengkulu, Firmansyah | Editor : David Oliver Purba)

https://regional.kompas.com/read/2023/02/01/122735378/cerita-apip-tuai-teror-dan-ancaman-usai-kritik-masa-jabatan-kades-9-tahun

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke