Salin Artikel

Propam Polda Lampung Periksa 2 Polisi Penembak Warga Diduga Curi Sawit

Keduanya ditugaskan sebagai personel pengamanan PT Adi Karya Gemilang (AKG) Bahuga pada saat penembakan terjadi.

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengatakan dua personel tersebut berasal dari Satuan Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Lampung.

Dari keterangan kedua personel berinisial Brigadir Dua (Bripda) SD dan Bripda DB itu, keduanya sempat bersembunyi di sekitar kebun sawit dari kejaran massa.

"Keduanya ditemukan anggota Polres Way Kanan di waktu dan tempat berbeda," kata Teddy dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023).

Bripda SD ditemukan sekitar pukul 05.30 WIB dan Bripda DB ditemukan sekitar pukul 03.00 WIB.

"Sempat diamankan di rumah salah satu karyawan, senjata dan amunisi lengkap," kata Teddy.

Menurut Teddy, saat ini kedua personel itu telah diamankan di Mapolres Way Kanan dan sedang dalam pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Lampung.

Pemeriksaan tersebut untuk mendapatkan informasi dan prosedur yang digunakan oleh kedua personel itu pada saat kejadian berlangsung.

"Kedua personel ini dalam keadaan sehat dan sedang menjalani pemeriksaan oleh Bid Propam Polda Lampung," kata Teddy.


Diberitakan sebelumnya, pembakaran pabrik sawit di Kabupaten Way Kanan diduga dipicu aksi dua personel Polda Lampung yang bertugas menjadi pengamanan di perusahaan tersebut.

Akibat aksi itu, seorang warga bernama Anshori (32) tewas dengan luka tembak dari leher kiri tembus ke rusuk kanan pada Sabtu (29/1/2023) malam.

Kapolres Way Kanan AKBP Teddy Rachesna mengatakan peristiwa penembakan itu terjadi lantaran korban diduga telah mencuri buah kelapa sawit dari kebun PT Adi Karya Gemilang (AKG) Bahuga.

"Anggota personel pengamanan dari Polda Lampung yang bertugas di perusahaan itu melakukan patroli di kebun sawit Blok 11," kata Teddy dalam keterangan tertulis, Senin (30/1/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/174538778/propam-polda-lampung-periksa-2-polisi-penembak-warga-diduga-curi-sawit

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke