Salin Artikel

Jenazah Pratu Ferdian, Korban Jembatan Putus di Sungai Digul, Dievakuasi ke Jayapura

Jenazah Pratu Ferdian dibawa ke RS Marthen Indey Jayapura, Senin (30/1/2023) siang.

"Hari ini telah dilakukan evakuasi terhadap jenazah Alm Pratu Ferdian Dwi Sukma menuju Sentani, Kabupaten Jayapura, menggunakan Heli Bell 142 EP-HA 5185 dengan Pilot Mayor Cpn M Iqbal,” ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo, melalui keterangan tertulis, Senin.

Pratu Ferdian merupakan salah satu dari empat korban putusnya jembatan gantung di Sungai Digul, Sabtu (28/1/2023).

Akibat kecelakaan itu, Ferdian dan tiga orang lainnya terjatuh ke Sungai Digul. Mereka hanyut terbawa arus sungai yang deras. 

Jenazah Pratu Ferdian kemudian ditemukan pada Minggu (29/1/2023) malam. Sedangkan tiga korban lain yang merupakan anggota Polres Pegunungaan Bintang, belum ditemukan.

"Setelah dilakukan autopsi, pada keesokan harinya yakni hari Selasa (31/1) jenazah rencananya akan diberangkatkan menuju rumah duka di Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa tengah, menggunakan pesawat komersial melalui Bandara Soekarno Hatta dan dilanjutkan ke Bandara Adi Soemarmo Solo," kata Benny.

Jembatan itu diduga putus akibat kelebihan beban. Saat itu, 12 orang sama-sama menyeberangi jembatan.

"Jembatan sudah tidak layak dan rombongan yang melewati jembatan melebihi kapasitas," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Adi Prabowo, melalui keterngan tertulis, Sabtu (28/1/2023) malam.

Sungai Digul membentang sepanjang 853 kilometer. Hulu sungai tersebut berasal dari Pegunungan Maoke dan hilirnya di Laut Arafuru.

Sungai yang berada di Wilayah Selatan Papua tersebut melintasi beberapa kabupaten dengan lebarnya mulai dari puluhan meter hingga lebih dari tiga kilometer.

Aliran sungai digul mulai dari Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan, hingga Mappi, Boven Digoel dan Merauke di Papua Selatan.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/30/162133678/jenazah-pratu-ferdian-korban-jembatan-putus-di-sungai-digul-dievakuasi-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke