Salin Artikel

Daftar Taman Nasional di Jawa, dari Ujung Kulon hingga Alas Purwo

KOMPAS.com - Pulau Jawa diketahui memiliki banyak taman nasional yang diantaranya telah memiliki predikat sebagai situs warisan dunia.

Taman nasional adalah sebuah kawasan yang diperuntukan untuk melestarikan alam sehingga ekosistem alami tetap terjaga atau jika rusak akan membaik.

Selain itu, taman nasional juga memiliki fungsi lain yaitu sebagai tempat penelitian ilmiah, pelestarian budidaya, peningkatan ilmu pengetahuan, hingga tempat rekreasi, dan pariwisata.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 46 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyelenggaraan Kajian Lingkungan Hidup Strategis.

Adapun pengelolaan taman nasional dilakukan berdasarkan sistem zonasi yang diatur dalam Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 56 Tahun 2006 tentang Pedoman Zonasi Taman Nasional.

Sistem zona dalam pengelolaan taman nasional yaitu zona inti, zona rimba dan zona perlindungan bahari untuk wilayah perairan, zona pemanfaatan, dan zona lain-lain yang terdiri dari zona tradisional, zona rehabilitasi, zona religi, budaya, dan sejarah, serta zona khusus.

Lebih lanjut, berikut adalah daftar nama taman nasional yang ada di Pulau Jawa.

1. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon adalah taman nasional yang berada di Provinsi Banten yang meliputi wilayah di kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Provinsi Banten, luas kawasan Taman Nasional Ujung Kulon adalah 122.956 hektar, di mana 44.337 hektar dari keseluruhan luas kawasan merupakan perairan.

Komisi Warisan Dunia UNESCO jg atelah meetapkan Taman Nasional Ujung Kulon sebagai Natural World Heritage Site pada 1 Februari 1992.

Salah satu keistimewaan Taman Nasional Ujung Kulon adalah sebagai habitat alami bagi Badak Jawa dan Owa Jawa yang terancam punah.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Ujung Kulon dapat ditemukan di laman resmi https://tnujungkulon.menlhk.go.id/.

Taman Nasional Gunung Ciremai adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat, yang meliputi wilayah Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Dilansir dari laman pemerintah Kabupaten Kuningan, Taman Nasional Gunung Ciremai memiliki luas sekitar 15.500 hektar.

Keunikan Taman Nasional Gunung Ciremai adalah sebagai habitat satwa langka yaitu Macan Kumbang (Panthera pardus), Surili (Presbytis comata), dan Elang Jawa (Spyzaetus bartelsi).

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Gunung Ciremai dapat ditemukan di laman resmi https://tngciremai.menlhk.go.id/.

3. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat, yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur.

Taman Nasional Gunung Gede Pangrango memiliki luas sekitar 24.270,80 hektar.

Keistimewaan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango salah satunya menjadi kawasan konservasi pertama di Indonesia yang ditetapkan pada tahun 1889 dengan nama Cagar Alam Cibodas.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dapat ditemukan di laman resmi https://gedepangrango.org/.

Taman Nasional Gunung Halimun-Salak adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat, yang meliputi wilayah Kabupaten Bogor, Kabupaten Lebak, dan Kabupaten Sukabumi.

Dilansir dari laman DPRKPP Kabupaten Lebak, luas kawasan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak mencapai 40.000 hektar.

Keistimewaan Taman Nasional Gunung Halimun-Salak adalah menjadi habitat Harimau Jawa (Panthera tigris sondaica) dan Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus).

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Gunung Halimun-Salak dapat ditemukan di laman resmi https://halimunsalak.org/.

5. Taman Nasional Gunung Sanggabuana

Taman Nasional Gunung Sanggabuana adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Barat, yang meliputi di wilayah Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Cianjur.

Kesepakatan untuk menjadikan kawasan Gunung Sanggabuana sebagai taman nasional baru dilakukan Komisi IV DPR dan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2021.

Kawasan Gunung Sanggabuana diketahui menjadi habitat bagi macan tutul jawa, musang, babi hutan, dan rusa.

6. Taman Nasional Kepulauan Seribu

Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta, tepatnya di Kotamadya Jakarta Utara.

Dilansir dari laman Indonesiabaik.id, Taman Nasional Kepulauan Seribu memiliki fungsi sebagai Cagar Alam Laut.

Keunikan Taman Nasional Kepulauan Seribu adalah terdiri dari gugus kepulauan dengan 78 pulau sangat kecil, 86 gosong pulau, dan hamparan laut dangkal pasir karang pulau.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Kepulauan Seribu dapat ditemukan di laman resmi https://tnlkepulauanseribu.menlhk.go.id/.

7. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, tepatnya di Kabupaten Jepara.

Wilayah Taman Nasional Karimunjawa memiliki luas total 111.625 hektar yang terbagi menjadi tiga kawasan.

Kawasan Taman Nasional Karimunjawa meliputi wilayah daratan di Pulau Karimunjawa, wilayah daratan di Pulau Kemujan, dan wilayah perairan di sekitarnya.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Karimunjawa dapat ditemukan di laman resmi https://tnkarimunjawa.id/dashboard 

8. Taman Nasional Gunung Merbabu

Taman Nasional Gunung Merbabu adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, yang meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, dan Kabupaten Semarang.

Kawasan Taman Nasional Gunung Merbabu memiliki luas 5.820,49 hektar dengan 36 desa penyangga.

Salah satu daya tarik Taman Nasional Gunung Merbabu adalah wisata pendakian seluas 16,43 hektar yang dapat ditempuh melalui jalur pendakian Selo, Wekas, Cuntel dan Tekelan.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Gunung Merbabu dapat ditemukan di laman resmi https://tngunungmerbabu.org/.

9. Taman Nasional Gunung Merapi

Taman Nasional Gunung Merapi adalah taman nasional yang meliputi wilayah Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten di Jawa Tengah, serta Kabupaten Sleman di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dikutip dari laman tribunjogjawiki.tribunnews.com, kawasan Taman Nasional Gunung Merapi memiliki luas total sekitar 6.410 hektar.

Dari luas tersebut, 5.126,01 hektar berada di wilayah Jawa Tengah dan 1.283,99 hektar berada di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Taman Nasional Meru Betiri adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Timur, yang meliputi wilayah Kabupaten Jember dan Kabupaten Banyuwangi.

Adapun luas kawasan Taman Nasional Meru Betiri adalah sekitar 52.626,04 hektar.

Keistimewaan Taman Nasional Meru Betiri antara lain menjadi habitat dari Penyu Hijau (Chelonia mydas), Banteng (Bos javanicus), Elang Jawa (Nisaetus bartelsi), Macan Tutul (Panthera pardus), dan Bunga Padmosari (Rafflesia zollingeriana).

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Meru Betiri dapat ditemukan di laman resmi https://merubetiri.id/ 

Taman Nasional Baluran adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Situbondo, Provinsi Jawa Timur.

Luas wilayah Taman Nasional Baluran adalah sekitar 25.000 hektar yang terbagi menjadi 230.126 hektar untuk wilayah daratan dan 3.506 hektar untuk wilayah perairan.

Dilansir dari laman Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo, salah satu daya tarik Taman Nasional Baluran ada pada padang Savana Bekol yang membuatnya dijuluki "Africa Van Java".

Selain itu terdapat daya tarik wisata berupa Gua Jepang, Curah Tangis, Sumur Tua, Manting, Dermaga, Kramat, Kajang, Balanan, Lempuyang, Talpat, Kacip, Bilik, Sejileh, Teluk Air Tawar, Batu Numpuk, dan Pandean atau Candi Bang.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Baluran dapat ditemukan di laman resmi https://balurannationalpark.id/ 

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah taman nasional yang terletak di Provinsi Jawa Timur, meliputi wilayah Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo.

Dilansir dari laman Pemerintah Kabupaten Malang, Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memiliki luas wilayah sekitar 50.276,3 hektar.

Daya tarik taman nasional ini selain Gunung Bromo yang digemari wisatawan lokal dan mancanegara, ada pula Gunung Semeru yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dapat ditemukan di laman resmi https://bromotenggersemeru.org/ 

Taman Nasional Alas Purwo adalah taman nasional yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Luas Taman Nasional Alas Purwo memiliki luas 44.037,30 hektar dengan ekosistem lengkap.

Ekosistem yang dimiliki Taman Nasional Alas Purwo mulai dari pantai (hutan pantai), hutan mangrove, hutan bambu, savana buatan, hutan tanaman, sampai hutan hujan dataran rendah.

Informasi lengkap mengenai Taman Nasional Alas Purwo dapat ditemukan di laman resmi https://tnalaspurwo.org/ 

https://regional.kompas.com/read/2023/01/29/220251878/daftar-taman-nasional-di-jawa-dari-ujung-kulon-hingga-alas-purwo

Terkini Lainnya

Pj Gubri Ajak Pemkab Bengkalis Kolaborasi Bangun Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis

Pj Gubri Ajak Pemkab Bengkalis Kolaborasi Bangun Jembatan Sungai Pakning-Bengkalis

Regional
Diskominfo Kota Tangerang Raih Penghargaan Perangkat Daerah Paling Inovatif se-Provinsi Banten

Diskominfo Kota Tangerang Raih Penghargaan Perangkat Daerah Paling Inovatif se-Provinsi Banten

Regional
Fakta dan Kronologi Bentrokan Warga 2 Desa di Lombok Tengah, 1 Orang Tewas

Fakta dan Kronologi Bentrokan Warga 2 Desa di Lombok Tengah, 1 Orang Tewas

Regional
Komunikasi Politik 'Anti-Mainstream' Komeng yang Uhuyy!

Komunikasi Politik "Anti-Mainstream" Komeng yang Uhuyy!

Regional
Membedah Strategi Komunikasi Multimodal ala Komeng

Membedah Strategi Komunikasi Multimodal ala Komeng

Regional
Kisah Ibu dan Bayinya Terjebak Banjir Bandang Berjam-jam di Demak

Kisah Ibu dan Bayinya Terjebak Banjir Bandang Berjam-jam di Demak

Regional
Warga Kendal Tewas Tertimbun Longsor Saat di Kamar Mandi, Keluarga Sempat Teriaki Korban

Warga Kendal Tewas Tertimbun Longsor Saat di Kamar Mandi, Keluarga Sempat Teriaki Korban

Regional
Balikpapan Catat 317 Kasus HIV Sepanjang 2023

Balikpapan Catat 317 Kasus HIV Sepanjang 2023

Regional
Kasus Kematian akibat DBD di Balikpapan Turun, Vaksinasi Tembus 60 Persen

Kasus Kematian akibat DBD di Balikpapan Turun, Vaksinasi Tembus 60 Persen

Regional
Puan: Seperti Bung Karno, PDI-P Selalu Berjuang Sejahterakan Wong Cilik

Puan: Seperti Bung Karno, PDI-P Selalu Berjuang Sejahterakan Wong Cilik

Regional
Setelah 25 Tahun Konflik Maluku

Setelah 25 Tahun Konflik Maluku

Regional
BMKG: Sumber Gempa Sumedang Belum Teridentifikasi, Warga di Lereng Bukit Diimbau Waspada Longsor

BMKG: Sumber Gempa Sumedang Belum Teridentifikasi, Warga di Lereng Bukit Diimbau Waspada Longsor

Regional
Gempa Sumedang, 53 Rumah Rusak dan 3 Korban Luka Ringan

Gempa Sumedang, 53 Rumah Rusak dan 3 Korban Luka Ringan

Regional
Malam Tahun Baru 2024, Jokowi Jajan Telur Gulung di 'Night Market Ngarsopuro'

Malam Tahun Baru 2024, Jokowi Jajan Telur Gulung di "Night Market Ngarsopuro"

Regional
Sekolah di Malaysia, Pelajar di Perbatasan Indonesia Berangkat Sebelum Matahari Terbit Tiap Hari

Sekolah di Malaysia, Pelajar di Perbatasan Indonesia Berangkat Sebelum Matahari Terbit Tiap Hari

Regional
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke