Salin Artikel

Detik-detik Sayap Pesawat Lion Air Tabrak Garbarata di Bandara Mopah Merauke hingga Batal Terbang

KOMPAS.com - Pesawat Lion Air JT-797 menabrak garbarata di Bandara Mopah, Merauke, Papua Selatan, Kamis (26/1/2023) pagi.

Insiden terjadi ketika pesawat yang membawa 122 penumpang dan tujuh awak pesawat itu hendak memutar untuk persiapan terbang.

Salah satu penumpang, Rangga, menceritakan detik-detik sayap pesawat Lion Air tabrak garbarata di Bandara Mopah. Ia mengaku tak mendengar bunyi benturan.

"Tidak terdengar bunyi, hanya saja salah satu penumpang berteriak kalau pesawat menabrak, tapi pesawat tidak langsung berhenti, tapi masih memutar balik, kemudian berhenti," ujarnya.

Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menuturkan, akibat kejadian tersebut, pesawat batal terbang.

Menurut Danang, pesawat tujuan Bandara Sentani, Jayapura, Papua, itu sudah dipersiapkan secara baik sesuai prosedur operasi standar.

Sebelum keberangkatan, pesawat sudah menjalani pengecekan dan pemeriksaan lebih awal (pre-flight check) dengan hasil layak dan aman dioperasikan (airworthy for flight).

Sesudah persiapan layanan dan penanganan darat selesai, pesawat bersiap dan mulai bergerak perlahan di area parkir pesawat atau apron. Namun, dalam proses ini, sayap kanan pesawat menabrak garbarata.

"Dalam proses itu terjadi hambatan di area sebelah kanan pesawat. Dalam memastikan aspek keselamatan dan keamanan penerbangan, pilot memutuskan untuk kembali ke titik parkir guna dilakukan pemeriksaan," ungkapnya melalui keterangan tertulis.


Menindaklanjuti kejadian ini, terang Danang, Lion Air bersama pihak berwenang terkait sedang melangsungkan penyelidikan.

Danang menjelaskan, pihaknya tidak bisa berspekulasi soal penyebab sayap pesawat Lion Air menabrak garbarata.

"Lion Air tidak dapat berspekulasi atau memberikan keterangan mengenai penyebab. Proses investigasi membutuhkan waktu signifikan untuk mendapatkan rekomendasi," ucapnya.

Sementara itu, Kasi Keamanan Angkutan Udara Otoritas Bandar Udara (Otban) Wilayah X Merauke Supriyadi menerangkan, pihaknya tengah mengumpulkan data terkait insiden itu.

"Namun penentunya atau laporan-laporan itu akan kami kirimkan ke pusat, dan nanti titik penentunya adalah dari KNKT," tuturnya saat diwawancara di Kompas TV.

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres) Merauke AKBP Sandi Sultan menyampaikan, dirinya telah meminta jajarannya untuk berkoordinasi dengan instansi terkait untuk mengecek peristiwa tersebut.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Merauke, Fuci Manupapami | Editor: Andi Hartik), Kompas TV

https://regional.kompas.com/read/2023/01/26/204200378/detik-detik-sayap-pesawat-lion-air-tabrak-garbarata-di-bandara-mopah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke