Salin Artikel

Di Hadapan Jokowi, Kaesang Ungkap Ketertarikan Terjun ke Politik, Gibran: Aku Kaget

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo sekaligus putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, mendampingi kunjungan kerja Presiden Jokowi selama dua hari di Solo, Jawa Tengah.

Jokowi tiba di Solo pada Sabtu (21/1/2023) untuk menghadiri kegiatan jalan sehat menjelang satu abad NU di Solo pada Minggu (22/1/2023) pagi.

Kemudian, pada Senin (23/1/2023), Jokowi bersama keluarga berkunjung ke beberapa tempat di Solo, seperti Kebun Binatang Solo Safari atau Taman Satwa Taru Jurug, Solo Technopark, dan Koridor Gatot Subroto (Gatsu).

Setelah itu Jokowi dan keluarga makan siang di salah satu kafe di Solo.

Menurut Gibran, tidak ada pembicaraan serius dengan Jokowi. Justru yang banyak dibicarakan itu adalah Kaesang Pangarep. Kaesang merupakan putra bungsu Presiden Jokowi.

"Mungkin kemarin malah sing kita bicarakan di meja makan itu malah Kaesang. Aku ya kaget. Dia secara terbuka kemarin menyampaikan ke saya, ke Bapak, dia ada ketertarikan di politik," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Selasa (24/1/2023).

Apakah ketertarikan Kaesang terjun ke politik untuk persiapan pada 2024, Gibran mengaku tidak tahu.

Dirinya baru mendengar bahwa Kaesang menyampaikan ketertarikannya terjun ke politik saat makan siang bersama.

Ayah Jan Ethes Srinarendra menyampaikan, tidak hanya dirinya yang terkejut saat Kaesang menyampaikan ketertarikannya terjun ke politik.

Jokowi juga mengaku kaget karena tidak biasanya Kaesang menyampaikan keinginannya untuk terjun ke politik.

"Iya kan saya baru dengar kemarin. Aku ya kaget. Tenan pora. Bapak ya kaget. Biasanya ora tau ngomongke ngunu kuwi (biasanya tidak pernah membicarakan seperti itu). Aku ya kaget," terang suami Selvi Ananda.

Menurut Gibran, apa yang disampaikan Kaesang masih permulaan. Kaesang masih banyak belajar lebih jauh dunia politik.

"Ketoke Kaesang masih tanya-tanya. Masih penjajakan, ya kemarin tanya-tanya saya, tanya Bapak. Intinya masih tanya-tanya. Dia kemarin menyatakan ya pengin gitu," ungkap Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/24/104336078/di-hadapan-jokowi-kaesang-ungkap-ketertarikan-terjun-ke-politik-gibran-aku

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke