Salin Artikel

Banjir Aceh Utara Setinggi 3 Meter, Relawan Mulai Jangkau Daerah Pedalaman

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Banjir merendam Kecamatan Matangkuli, Langkahan, Samudera, Tanah Luas, Banda Baro, dan Pirak Timu, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, dua hari terakhir.

Informasi yang dihimpun Kompas.com, banjir terparah terjadi di Kecamatan Langkahan, Kabupaten Aceh Utara. Ketinggian air mencapai tiga meter dan nyaris menenggelamkan seluruh rumah warga.

Camat Langkahan, Aceh Utara, Ramli Jazuli menyebutkan, desa terparah yang terendam banjir yaitu Buket Linteung dan Desa Geudumbak.

“Sebanyak 1.497 pengungsi di Langkahan. Kami butuh air bersih, makanan dan lain sebagainya,” katanya dihubungi melalui telepon, Senin (23/1/2023).

Saat ini, total pengungsi di Aceh Utara sebanyak 11.202 jiwa.

Tim gabungan telah menjangkau lokasi pengungsian di daerah pedalaman dengan menggunakan perahu karet dan perahu kayu milik nelayan.

“Saat ini tidak hujan, jika hujan lagi, maka banjir akan semakin parah merendam pemukiman,” katanya.

Sementara itu, Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Aceh Utara, Tantawi, menyebutkan, tim relawan organisasi kemanusiaan itu telah menjangkau daerah pedalaman di Aceh Utara.

“Bersama lembaga lainnya baik TNI/Polri, BPBD, SAR, Tagana dan lainnya kami telah menjangkau lokasi banjir di Langkahan. Sudah sampai ke daerah pedalaman seperti Leubok Pusaka,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Humas Aceh Utara, Muslim Araly, menyatakan bantuan masa panik telah disalurkan ke titik pengungsian.

“Pj Bupati Aceh Utara sudah mengintruksikan semua jajaran siaga di lokasi banjir. Saat ini sebagian sudah surut, sebagian masih terendam banjir. Kami imbau juga camat agar memperbarui informasi dari kecamatan ke tim BPBD dan Dinas Sosial, sehingga bantuan segera dikirim,” pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/23/174043478/banjir-aceh-utara-setinggi-3-meter-relawan-mulai-jangkau-daerah-pedalaman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke