Salin Artikel

Hilang Tenggelam di Air Terjun Segenter Lombok Barat, Seorang Wisatawan Ditemukan Tewas

LOMBOK BARAT, KOMPAS.com - Seorang wisatawan yang hilang tenggelam di Air Terjun Segenter, Kawasan Tahura Nuraksa, Dusun Kumbi, Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), ditemukan tewas pada Senin (23/1/2023).

Wisatawan tersebut dilaporkan hilang pada Minggu (22/1/2023). Saat dinyatakan hilang, wisatawan itu tidak diketahui identitasnya dan hanya meninggalkan jejak sepeda motor Honda Beat warna putih biru dengan nomor polisi DR 2784 CICI.

Dalam sebuah video yang beredar disebutkan agar orang yang mengetahui identitas kendaraan itu menghubungi keluarga atau kerabat terdekat korban.

Plt Kepala Kantor SAR Mataram, Muhdar mengatakan, pencarian terhadap korban oleh tim SAR gabungan dilakukan sejak Minggu sore. Korban ditemukan dalam kondisi meninggal dunia pada Senin pagi di sekitar lokasi kejadian.

"Ditemukan pukul 07.16 Wita di bawah air dengan kedalaman sekitar 1 meter," kata Muhdar dalam keterangan tertulis.

Selanjutnya, tim penyelamat Kantor SAR Mataram, TNI, Polri, Pengelola Taman Hutan Raya, Garda Muda, Potensi SAR 115, masyarakat setempat, dan unsur lainnya mengevakuasi korban dan dibawa ke Puskesmas Suranadi.

"Setelah kami koordinasikan, wisatawan tersebut merupakan warga Kelurahan Babakan, Kecamatan Sandubaya, Mataram, atas nama Moh Zona Rizkika Rahmatullah, umur 22 tahun," kata Muhdar.

Berdasarkan informasi yang diterima kantor SAR Mataram, warga setempat sempat berusaha menolong korban dengan memegang salah satu bagian tubuhnya. Namun, korban tidak tertolong karena derasnya arus sungai.

"Kuatnya arus yang diakibatkan terjangan air bah yang datang secara tiba-tiba, korban pun terlepas. Karena kondisi tidak memungkinkan dan faktor keselamatan, akhirnya warga kembali naik dari air terjun," kata Muhdar.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/23/090542578/hilang-tenggelam-di-air-terjun-segenter-lombok-barat-seorang-wisatawan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke