Salin Artikel

Berkenalan dengan Thio Haouw Liep, Dalang Wayang Potehi yang Masih Eksis Lestarikan Budaya Khas Tionghoa di Semarang

Konon, kebudayaan khas peranakan Tionghoa ini pernah eksis di Kota Semarang medio 1950-an. Sayangnya, kini kesenian Wayang Potehi mulai punah seiring berkembangnya zaman.

Hal tersebut disampaikan oleh dalang Wayang Potehi asal Semarang, Thio Haouw Liep.

Pria yang kerap dipanggil Koh Holi itu menuturkan, pertunjukan Wayang Potehi yang hampir punah itu disebabkan oleh belum adanya generasi penerus dalang Wayang Potehi, terlebih di Kota Semarang.

Dengan demikian, dirinya berusaha melestarikan budaya khas peranakan Tionghoa ini dengan berlatih dan mengajarkan ke anak-anak muda Semarang.

"Sekarang sudah mulai punah, jadi saya coba untuk mengajak anak-anak muda untuk belajar. Ya secara bertahap, pertama belajar musik dulu, baru belajar wayang," jelas Thio kepada Kompas.com, Rabu (18/1/2023).

Lebih jelas Thio mengatakan, kata Potehi berasal dari kata "pou" yang memiliki arti kain, "te" berarti kantong, dan "hi" artinya wayang.

Dengan demikian, Wayang Potehi ialah wayang yang berbentuk layaknya boneka tangan dan berbahan kain. Meski, terdapat beberapa bagian berbahan kayu.

"Cara mainnya sebenarnya gampang-gampang susah, karena hanya pakai tangan. Kalau bahasa yang digunakan, pakai Bahasa Mandarin dan Hokkien," tutur dia.

Cara memainkan Wayang Potehi, imbuh Thio, yaitu dengan menggunakan lima jari. Ibu jari dan jari kelingking untuk mengoperasikan tangan wayang, sedangkan tiga jari tengah untuk memainkan kepala wayang.

Bukan tanpa alasan Thio bertekad menjadi dalang Wayang Potehi di Kota Semarang. Dirinya mengaku, ingin meneruskan jejak mendiang ayahnya, Thio Tiong Gie, yang berprofesi sebagai dalang Wayang Potehi pada era 1960-an.

"Dulu bapak saya menjadi dalang sejak tahun 1960-an. Setelah bapak meninggal tahun 2014, boneka potehi itu terbengkalai. Satu tahun belajar, lalu tahun 2016 mulai berani show ke berbagai tempat sampai saat ini," jelas dia.

Pada Imlek tahun ini, Thio menyebut, menjadi tahun yang hoki baginya. Lantaran, dirinya sudah banyak menerima tawaran pementasan Wayang Potehi di beberapa titik tempat.

"Tahun ini sudah mulai ramai lagi, karena pandemi sudah selesai. Dan sudah ada sejumlah tempat yang terjadwal," pungkas dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/20/100650878/berkenalan-dengan-thio-haouw-liep-dalang-wayang-potehi-yang-masih-eksis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke