Salin Artikel

Gibran Siap Maju Pilgub 2024 jika Dapat Mandat dari Megawati

Gibran mengakui bahwa tahun 2023 sudah memasuki masa-masa pertarungan untuk Pilkada 2024. Namun terkait soal diusung atau tidaknya dirinya dalam pilkada 2024, Gibran mengatakan kewenangannya. 

"Yang memutuskan bukan saya ya. Kita nunggu keputusan dari partai, kita lihat dulu permintaan warga seperti apa?" kata Gibran kepada wartawan di Solo, Jawa Tengag, Kamis (19/1/2023).

Menurutnya, jika seseorang mempunyai ambisi maju pilkada tapi tak dipilih maka akan percuma. Sehingga dirinya tidak ambil pusing terkait Pilkada 2024.

Di sisi lain dirinya masih memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan hingga jabatannya selesai.

"Kene duwe (kita punya) ambisi tidak dipilih warga kan percuma. Aku santai wae, (aku santai aja). Masih banyak pekerjaan di sini," jelas dia.

Disinggung jika mendapatkan mandat dari Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri untuk maju di Pilkada DKI Jakarta atau Jateng 2024, suami Selvi Ananda ini pun mengaku siap.

"Ya saya sih siap. Tapi nunggu Bu Ketua Umum. Sekali lagi saya masih perlu belajar, masih perlu banyak masukan-masukan dari beliau-beliau para senior. Nak aku santai ya," terang dia.

Sebelumnya, pengamat politik dari Universitas Al-Azhar Indonesia Ujang Komaruddin menilai nama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berpeluang untuk diusung PDI-P untuk maju di Pilkada DKI Tahun 2024.

Namun, kata dia, saat ini PDI-P masih sangat berhati-hati memunculkan nama Risma dan Gibran untuk Pilkada DKI.

"Mungkin ada skema yang bisa saja dimunculkan oleh PDI-P terkait dengan Risma dan Gibran. Saya melihat PDI-P sedang hati-hati dalam konteks memunculkan nama itu," kata Ujang saat dihubungi, Rabu (5/1/2022).

Menurut Ujang, PDI-P masih hati-hati mengeluarkan nama Risma dan Gibran untuk Pilkada DKI Jakarta. Hal ini karena pernah mengalami kekalahan di Pilkada DKI Tahun 2017 lalu.

Kendati demikian, ia menilai bisa saja nantinya nama-nama itu diusung PDI-P untuk Pilkada DKI Jakarta Tahun 2024.

"Artinya bisa saja antara Risma dan Gibran itu juga didukung untuk bisa menjadi cagub dan cawagub di DKI itu memungkinkan," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/19/184402778/gibran-siap-maju-pilgub-2024-jika-dapat-mandat-dari-megawati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke