Salin Artikel

Polres Pemalang Selidiki 3 Anak SD Diduga Dicabuli Tetangga

Kepala Satreskrim Polres Pemalang AKP Ferry Sihaloho mengatakan, awalnya korban baru menyadari perbuatan terlapor sebagai tindak pidana pencabulan setelah korban mendapat materi edukasi tentang seksual di sekolahnya tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

"Diduga tindak pidana pencabulan dilakukan oleh terlapor pada 2017, saat para korban masih duduk di bangku sekolah dasar," kata Ferry, dalam keterangannya, Kamis (19/1/2023).

Pihak keluarga korban akhirnya melaporkan duga pencabulan itu ke Polres Pemalang pada 22 November 2022. Polisi pun langsung melakukan upaya penyelidikan.

"Langkah awal yang dilakukan di antaranya mengumpulkan keterangan dari pelapor, serta tiga anak yang menjadi korban pencabulan," kata Ferry.

Ferry mengungkapkan, diduga terlapor melakukan perbuatannya di rumahnya di wilayah Kecamatan Pemalang. Saat itu para korban sedang bermain dengan anak terlapor.

"Namun, diduga terlapor melakukan perbuatannya pada masing-masing korban dalam rentang waktu yang berbeda," ujar Ferry.

Ferry mengatakan, pihaknya juga telah meminta keterangan dari guru korban, untuk melakukan pendalaman dalam penyelidikan kasus tersebut.

"Selanjutnya, kami juga telah memanggil terlapor, untuk meminta keterangan terlapor terkait dugaan tindak pidana pencabulan terhadap anak di bawah umur pada tiga orang korban," kata Ferry.

Meski terkendala minimnya saksi, Ferry menegaskan pihaknya menanggapi serius dalam penanganan kasus tersebut.

"Kami telah mengirimkan surat pemberitahuan perkembangan hasil penyelidikan (SP2HP) kepada pelapor pada 24 Nopember 2022 dan 23 Desember 2022," kata Ferry.

Ferry menambahkan, selama berlangsungnya proses penyelidikan korban mendapatkan pendampingan dari Tim Psikolog di RSUD dr Ashari Pemalang.

"Kami telah mengajukan permohonan hasil pemeriksaan psikologi pada pertengahan Sesember 2022. "Sampai saat ini, kami masih menunggu hasil pemeriksaannya," pungkas Ferry.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/19/134315878/polres-pemalang-selidiki-3-anak-sd-diduga-dicabuli-tetangga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke