Salin Artikel

Waspada, Sepekan Kedepan Ada Potensi Banjir Rob di Pesisir Banten

SERANG, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini banjir rob yang berpotensi terjadi di pesisir Provinsi Banten pada 19-25 Januari 2023.

Banjir rob berpotensi terjadi di perairan Utara dan Selatan Banten pada 19-25 Januari 2023 dan di perairan Barat Banten 20-25 Januari 2023.

"Untuk waktu dan ketinggian air pasang surut banjir pesisir atau rob di tiap-tiap daerah berbeda-beda," kata Kepala Seksi Data dan Informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banten Klas 1 Serang Tarjono saat dikonfirmasi Kompas.com melalui pesan WhatsApp, Kamis (19/1/2023).

Dijelaskan Tarjono, adanya potensi banjir rob di pesisir Banten dipengaruhi adanya fase new moon atau bulan baru dan perigee atau titik terdekat bulan dengan bumi yang terjadi bersamaan pada 21 Januari 2023.

Dua fenomena itu meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum di sekitar wilayah perairan Banten.

Secara tidak langsung, fenomena ini pun akan berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir.

Adapun dampaknya, kata Tarjono, seperti aktivitas bongkar muat di pelabuhan, aktivitas di pemukiman pesisir, serta aktivitas tambak garam dan perikanan darat.

"Masyarakat pesisir pantai dihimbau waspada terhadap potensi terjadinya banjir pesisir (rob) yang terjadi pada rentang waktu tersebut," ujar Tarjono.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/19/110041678/waspada-sepekan-kedepan-ada-potensi-banjir-rob-di-pesisir-banten

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke