Salin Artikel

BMKG Sebut Banjir Rob Ancam Sejumlah Wilayah di Maluku, Warga Pesisir Diimbau Waspada

BMKG memprediksi potensi banjir rob di sejumlah daerah di Maluku diperkirakan akan terjadi pada 21-24 Januari 2023 mendatang.

“Banjir pesisir (rob) diprediksi terjadi pada 21-24 Januari 2023,” kata Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Ambon Ashar dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Selasa (17/1/2023).

Ashar menyatakan banjir berpotensi terjadi di pesisir Seram Bagian Barat, pesisir wilayah selatan Pulau Seram, pesisir Ambon dan Pulau-Pulau Lease, pesisir Kepulauan Kei dan pesisir Kepulauan Aru.

Ia menjelaskan potensi banjir rob di sejumlah wilayah Maluku itu dipicu oleh adanya fenomena fase bulan baru yang bersamaan dengan perigee atau titik terdekat bulan terhadap bumi yang diprediksi terjadi pada 21 Januari mendatang.

“Fenomena itu berpotensi meningkatkan ketinggian pasang air laut maksimum,” katanya.

Terkait hal itu, Ashar mengimbau warga di sejumlah wilayah tersebut lebih waspada.

“Kepada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai kami imbau agar waspada dengan banjir rob yang berpotensi akan terjadi pada rentang waktu tersebut,” pintanya.

Ia pun meminta warga agar tetap memantau informasi resmi dari BMKG terkiat perubahan cuaca yang terjadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/17/171249978/bmkg-sebut-banjir-rob-ancam-sejumlah-wilayah-di-maluku-warga-pesisir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke