Salin Artikel

Survei LSN Terbaru: Anies Baswedan Unggul di Jakarta, Jatim Jadi "Medan Tempur" Ganjar dan Prabowo

KOMPAS.com - Lembaga Survei Nasional (LSN) mengumumkan tingkat keterpilihan sejumlah nama dalam bursa calon presiden (capres) untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, pada Sabtu (14/1/2023).

Berdasarkan hasil survei LSN yang melibatkan 1.200 orang responden sejak 2 Januari 2023 hingga 11 Januari 2023 itu, Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra, Prabowo Subianto, masih unggul di Jawa Barat (Jabar).

Menurut LSN, tingkat elektabilitas atau keterpilihan Prabowo di Jabar mencapai 54,8 persen, disusul capres dari Partai NasDem, Anies Baswedan, dengan raihan 24,8 persen suara.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, memperoleh 13,2 persen suara responden di Jabar.

"Dugaan Anies (Baswedan) yang katanya menggerus kantong suara Prabowo di tanah Parahyangan (Jabar) ternyata belum terbukti," kata Peneliti senior LSN, Gema Nusantara Bakry.

"Dari hasil (survei) LSN, justru warga Jabar masih loyal memilih Prabowo serta partainya (Gerindra)," imbuhnya.

Dia menjelaskan, selain di Jabar, Prabowo juga berhasil mengungguli nama-nama lainnya di Provinsi Banten.

"Anies hanya unggul atas Prabowo dan Ganjar di DKI Jakarta," ujar Gema.

Ganjar Pranowo unggul di Jawa Tengah

Gema mengatakan, Jateng masih "dikuasai" oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), sedangkan kadernya, Ganjar Pranowo berhasil unggul di antara tokoh lainnya yang ada dalam bursa capres 2024.

"Kalau Jateng masih "kandang banteng" (PDIP) dan Ganjar (Pranowo) unggul (dengan keterpilihan) sebesar 56,6 persen, sedangkan Prabowo 30,1 persen, dan Anies 10,8 persen," ungkapnya.

Dia menambahkan, Ganjar juga unggul di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), namun dengan capaian suara yang tidak mutlak seperti yang didapatnya di Jateng.

Jawa Timur jadi "medan perang" Prabowo dengan Ganjar

Gema menyatakan, Jawa Timur (Jatim) akan menjadi medan perang bagi Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo.

Akan tetapi, dia menjelaskan, bila Prabowo didampingi calon wakil presiden (cawapres) yang disukai masyarakat Jatim, bukan tak mungkin dia akan menang di provinsi tersebut.

"Jatim tampaknya tetap akan menjadi medan pertempuran paling keras bagi para capres, terutama Prabowo dan Ganjar," ucap Gema.

"Jika koalisi Gerindra dan PKB terus berlanjut, serta Prabowo didampingi cawapres yang disukai Nahdiyin, bisa jadi Prabowo akan menang di Jatim sekaligus secara nasional," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/14/193142578/survei-lsn-terbaru-anies-baswedan-unggul-di-jakarta-jatim-jadi-medan-tempur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke