Salin Artikel

BPBD Sebut Bantuan Tanggap Darurat Korban Gempa di MBD Tiba Besok atau Lusa

Bantuan tanggap darurat untuk para korban gempa di wilayah itu dibawa dengan menggunakan kapal motor (KM) Sabuk Nusantara 71 pada , Sabtu (14/1/2023).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Maluku Barat Daya James Nikko mengatakan pengiriman bantuan tanggap darurat untuk korban gempa di wilayah itu dipimpin langsung Wakil Bupati Maluku Barat Daya, Agustinus Lekwarddai Kilikily.

“Penyaluran bantuan dari Pemda MBD tadi sudah dikirim dengan kapal Sabuk Nusantara 71 subuh tadi dibawah pimpinan Pak Wakil Bupati,” kata James kepada Kompas.com saat via telepon, Sabtu sore.

Ia mengaku bantuan itu akan disalurkan ke tiga kecamatan yang terdampak gempa yakni di kecamatan Dawelor Dawera, Babar Timur dan Babar Barat.

Adapun bantuan tanggap darurat yang dibawa itu berupa sembako, mie instan, selimut dan juga obat-obatan.

“Sudah menuju ke daerah terdampak di Dawelor Dawera, Babar Timur dan Babar Barat. Dibawah oleh tim dari BPBD, Dinsos, TNI Polri yang ddipimpin Pak Wakil bupati,” katanya.

Ia mengaku bantuan tanggap darurat kepada warga di wilayah itu baru bisa dibawa dengan KM Sabuk Nusantara 71 lantaran tidak ada kapal besar yang bisa digunakan untuk mengangkut bantuan tersebut.

“Jadi gini dari Pemprov juga sama-sama dengan KM Sanus 71 karena cuma satu kapal perintis yang bisa kita tumpangi karena kita tidak bisa menggunakan angkutan lain yang dari MBD karena kapasitasnya kecil dengan kondisi cuaca ekstrim saat ini,” ungkapnya.

Ia mengaku bila tak ada halangan, kapal tersebut sudah bisa tiba di tempat tujuan pada Minggu atau Senin (16/1/2023). Setelah tiba bantuan tersebut akan langsung didistribusukan ke para korban gempa di wilayah itu.

“Sudah jalan tadi subuh, direncanakan kalau tidak besok atau lusa itu sudah ke lokasi terdampak,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/14/181309978/bpbd-sebut-bantuan-tanggap-darurat-korban-gempa-di-mbd-tiba-besok-atau-lusa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke