Salin Artikel

Pasar Gede Solo Berusia 93 Tahun, Gibran Kenang Jajanan Masa Kecilnya yang Masih Eksis sampai Sekarang

Pasar ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Paku Buwono (PB) X.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berharap dengan bertambahnya usia, Pasar Gede yang menjadi ikon Solo bisa terus bertahan di tengah perkembangan zaman.

"Pasar Gede sebagai pasar yang ikonik, jujukan para wisatawan bisa terus meneruskan eksistensinya. Apa-apa yang di dalam itu luar biasa sekali yang tidak bisa ditemukan di kota-kota lain," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Kamis (12/1/2023).

Menurut Gibran jajanan pasar dan semua komponen yang ada di Pasar Gede tidak dimiliki oleh pasar tradisional yang lainnya.

Putra sulung Presiden Jokowi mengaku punya banyak kenanangan dengan Pasar Gede Solo. Gibran bahkan mengaku kagum dengan sejumlah jajanan uang dijual di Pasar Gede Solo sejak dari dirinya masih kecil hingga sekarang masih terus bertahan.

"Banyaklah. Yang dari kecil sampai sekarang yang masih konsisten kan ini ayam goreng, usus, dawet yang masih eksis sampai sekarang, luar biasa sekali," ucap Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/12/143730578/pasar-gede-solo-berusia-93-tahun-gibran-kenang-jajanan-masa-kecilnya-yang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke