Salin Artikel

2 Napi yang Kabur dari Lapas Merauke Ditangkap di Boven Digoel, Papua Selatan

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kemenkumham Papua Endang Lintang Hardiman mengatakan, kedua narapidana telah diperiksa secara intensif.

"Kami sudah mendapat keterangan bagaimana mereka melarikan diri hingga mereka lolos ke Kabupaten Boven Digoel," kata Endang saat rilis di Lapas Kelas IIB Merauke, Selasa (10/1/2023).

Berdasarkan rekaman kamera CCTV, terlihat seorang narapidana bernama Herman memanjat tembok tanpa menggunakan alat. Setelah menyeberangi tembok, Herman membantu narapidana lainnya, Marselus, melewati tembok menggunakan kain dan celana yang diikat.

Setelah keluar dari lapas, kedua narapidana itu mendatangi temannya di kawasan Kuda Mati. Mereka meminta diantarkan menggunakan motor ke Boven Digoel.

"Yang terjadi kronologisnya adalah ada satu narapidana yang sakit kemudian kedua narapidana ini memanfaatkan kelengahan petugas yang saat itu fokus mengurus warga binaan yang sedang sakit, kemudian kedua warga binaan ini langsung berjalan ke tembok belakang dan melancarkan aksinya" katanya.

Meski tak ada indikasi keterlibatan pegawai lapas dalam pelarian dua narapidana itu, Endang menegaskan, para petugas jaga yang bertugas saat insiden itu akan diperiksa.

Endang pun mengungkap alasan kedua narapidana masih ditahan di Lapas Kelas IIB Boven Digoel.

“Kami mengantisipasi jangan sampai terjadi tindakan tindakan yang  tidak professional yang dilakukan oleh petugas petugas kita ” tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/10/191609078/2-napi-yang-kabur-dari-lapas-merauke-ditangkap-di-boven-digoel-papua

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke