Salin Artikel

Gibran Ungkap Adanya Arahan Jokowi Setelah Dua Kubu yang Berkonflik di Keraton Solo Berdamai

SOLO, KOMPAS.com - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengaku mendapat arahan dari Presiden Jokowi dalam pertemuannya di Yogyakarta.

Arahan tersebut terkait pascaperdamaian dua kubu berseteru di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat atau Keraton Solo.

"Ada, ada (arahan Bapak Presiden)," kata Gibran, di Solo, Jawa Tengah, Senin (9/1/2023).

Gibran pun membeberkan salah satu arahan yang disampaikan Presiden Jokowi kepada dirinya.

"Dulu pernah didamaikan, ada hitam di atas putih. (Terus) kembali lagi (berkonflik). Makanya yang sekarang ini tidak ada hitam di atas putih. Artinya ini gentlemen's agreement saja. Komitmen mereka," kata dia.

Gibran mengatakan, jika perdamaian itu terus dijaga, maka rencana revitalisasi Keraton Solo akan dilanjutkan.

Namun, sebaliknya jika kedua kubu di Keraton Solo kembali berkonflik, maka revitalisasi akan difokuskan untuk Pura Mangkunegaran.

"Komitmen tak teruske. Nak ora ya aku neng Mangkunegaran wae. Tapi, sejauh ini aman kok. Tenang wae kita enggak suudzon atau apa. Kemarin beliau memperingatkan itu sudah pernah terjadi seperti itu," ujar dia.


Selama ini, pemerintah merasa kesulitan untuk menyentuh Keraton Solo.

Kondisinya berbeda dengan Pura Mangkunegaran yang lebih mudah diajak bekerja sama.

"Intinya kalau Mangkunegaran itu penak. Komunikasi, mau memanfaatkan asetnya, memanfaatkan tempatnya untuk event-event, terus kita promosi bareng-bareng, itu penak. Kita ingin skema yang seperti itu," kata dia.

Mengenai kapan rencana revitalisasi Keraton Solo tersebut dilakukan, Gibran mengatakan menunggu anggaran dan master plan.

Gibran menyampaikan, Pemkot Solo akan melibatkan keraton dan sejarawan atau pemerhati budaya serta akademisi dalam revitalisasi Keraton Solo.

"Kemarin diskusi dengan Gusti Moeng dan lain-lain sudah ada master plan dari UGM atau apa gitu. Tapi, belum tak pelajari secara detail. Intinya kalau master plan semuanya setuju," ungkap Gibran.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/09/142725478/gibran-ungkap-adanya-arahan-jokowi-setelah-dua-kubu-yang-berkonflik-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke