Salin Artikel

Terendam Banjir Hampir Sepekan, Jalan Kaligawe Semarang Semakin Rusak dan Berlubang

Kini jalanan dipenuhi pasir dan pohon-pohon tumbang di sepanjang trotoar. Terlebih di sepanjang depan Rumah Sakit Islam (RSI) Sultan Agung tampak jalanan keropos sepanjang lebih dari 3 meter.

Kemudian lubang jalan cukup besar sekitar 15 cm di pertigaan lampu lalu lintas Unissula. Dalam pantauan Kompas.com pada Kamis (5/1/2023), terlihat sebuah truk hijau besar dengan 10 roda yang mogok di pertigaan tersebut. Selain itu terlihat lebih dari 20 lubang tersebar di sepanjang Terboyo.

Menaggapi hal itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya (DPU BMCK) Jateng Hanung Triyono memengaku telah melakukan asesmen dengan pihak terkait untuk perbaikan ruas jalan nasional tersebut.

"Kemarin itu pak menteri meminta untuk di pompa semua dulu.etelah itu kering segera kita perbaiki. Sudah dilakukan asesmen. Bahkan di seluruh Jawa Tengah sudah dihitung. Ada kerugian-kerugian akibat banjir dan juga ada ruas-ruas tertentu yang sudah ada pemenang kontraknya," ungkapnya saat dihubungi Kompas.com lewat sambungan telepon.

Hanung menyebut perbaikan jalan nasional akibat banjir dilakukan bersama beberapa dinas terkait lainnya. Di antaranya Balai Besar pelaksana jalan Jateng-DIY, DPU BMCK Jateng, Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang hingga BBWS Pemali Juwana.

Lebih lanjut, ia menyampaikan perbaikan jalan ini sudah masuk pada lingkup rekontruksi Tahun Anggaran 2022 sampai dengan 2024 yang total anggarannya mencapai Rp 193 miliar.

Hanung menyebutkan tidak ada target rampung dalam perbaikan jalan rusak ini. Namun pihaknya menyiapkan agar Januari hingga Februari sudah selesai. Sehingga saat Idul Fitri nanti perbaikan sudah dapat dirasakan pengguna jalan.

"Sudah berproses semuanya. Tidak ada target harus selesai besok, terus berhenti tidak. Tapi terus secara stimultan. Jadi semuanya bekerja ada jalan rusak tambal begitu terus sambil menunggu pekerjaan efektifnya," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/06/161339778/terendam-banjir-hampir-sepekan-jalan-kaligawe-semarang-semakin-rusak-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke