Salin Artikel

Tak Diberi BLT Selama Berbulan-bulan, Warga Mamuju Laporkan Kadesnya ke Polisi

Julianti, salah satu warga Desa Tanambuah yang tercatat sebagai penerima BLT mengaku tak diberikan BLT selama 5 bulan. Namun dia menyebut ada juga warga yang belum menerima BLT sejak bulan Januari hingga Agustus 2022.

"Jadi ada sekitar 12 orang yang saya tahu. Kalau saya sekitar Rp 1,5 juta (BLT) yang tidak diberikan," kata Julianti saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (6/1/2023).

Julianti mengaku awalnya kejanggalan sudah mulai dirasakannya saat pembagian BLT tahap 7. Saat itu dia tidak menerima undangan dan baru mengetahui setelah sepuluh hari pembagian.

Dia pun menghubungi MN untuk mengetahui alasan dia tidak menerima BLT. MN lalu menjanjikan bahwa Julinti akan menerima seluruh BLTnya di tahap berikutnya.

"Sekalinya menerima tahap 9. Saya berharap ini yang saya terima nanti Rp 900 ribu karena tahap 7 dan 8 digabung, tapi tahu-tahunya saya hanya menerima Rp 300 ribu," ucap Julianti.

Julianti mengaku sampai saat ini pihak pemerintah desa belum berkomunikasi dengannya terkait haknya yang belum diberikan padanya. Meskipun pihak desa melalui aparatnya memang sudah mendatangi rumah warga yang belum menerima BLT.

"Di polisi dan di Kejari Mamuju juga (laporan)," ujar Julianti.

Sementara itu, Kasi Humas Polresta Mamuju Ipda Herman membenarkan laporan warga terhadap Kepala Desa Tanambuah mengenai kejanggalan pembagian BLT.

Herman mengatakan bahwa pihaknya sudah memanggil MN selaku Kades untuk diperiksa. Setelah memeriksa MN, Herman menyebut hal ini hanya miss komunikasi antara kepala desa dan warganya.

"Sudah dilakukan pemeriksaan semua pihak. Intinya tidak ada penyimpangan atau penggelapan," kata Herman. 

Herman mengungkapkan bahwa MN memang sempat menahan tak memberikan BLT kepada salah satu warganya.  Namun dia menyebut MN melakukan hal itu karena ada beberapa warga yang tidak menghargai petugas desa yang bertugas membagikan BLT. 

"Sengaja ditahan untuk memberikan efek jera kepada warga itu karena pak desa anggap tidak ada penghargaannya kepada petugas dan nantinya akan dibayarkan," ucap Herman. 

https://regional.kompas.com/read/2023/01/06/143148178/tak-diberi-blt-selama-berbulan-bulan-warga-mamuju-laporkan-kadesnya-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke