Salin Artikel

Seratusan Barrier Besi Dishub Solo Raib, Komplotan Maling Terekam CCTV Gunakan Bak Terbuka Pelat Merah

SOLO, KOMPAS.com - Seratusan barrier alias barikade besi milik Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Solo, Jawa Tengah, raib diduga digondol maling.

Barikade itu tersebar sejumlah ruas jalan Kota Solo, seperti halnya di Jalan Slamet Riyadi hingga Jalan Juanda, yang diperkirakan hilang sejak 21 Desember 2022, lalu.

Kepala Dishub Solo Taufik Muhammad,mengatakan aksi pencurian itu terbongkar setelah petugas melakukan pengecekan CCTV.

Dalam rekaman CCTV tersebut, terlihat komplotan menggunakan bak terbuka Daihatsu Grandmax warna hitam berwarna hitam dengan pelat merah, melakukan aksi dugaan pencurian atas ratusan barikade tersebut.

Rentetan waktu aksi dugaan pencurian itu, mulai dini hari hingga siang hari tanpa disadari orang sekitar.

"Ada 100 lebih barrier besi yang dicuri. Nilai pengadaannya per unitnya Rp 2 juta. Kalau ada seratusan yang hilang, kerugiannya di atas Rp 200 juta," ucap Taufik Muhammad, Rabu (4/1/2023).

Kadishub melanjutkan dugaan pencurian itu bahkan terekam CCTV pada 30 Desember 2022, lalu. Diduga ada dua pelaku pencuri, sekolah terlihat petugas lantaran terpantau rompi hijau.

Aksi itu juga terekam CCTV, diduga sekelompok pencuri berada di kawasan Gereja Katolik St. Petrus, setelah dikumpulkan petugas  untuk menutup jalan saat Car Free Night (CFN) dan Car Free Day (CFD).

"Aksi pencurian ini dilakukan berkali-kali. Dari hasil penelusuran kami, diduga dilakukan oleh komplotan yang sama," ujarnya.

Setelah dilaksanakan pengecekan, seratusan barier itu dalam kondisi baik dan baru.

Sebagai antisipasi awal, Dishub sudah mengamankan barier besi tersisa kemudian mengganti dengan barier plastik. Kemudian, dilanjutkan melakukan pelaporan ke Kepolisian Resor Kota (Polresta) Solo, kasus dugaan pencurian,  pada Rabu (4/1/2022) sore.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/04/223627878/seratusan-barrier-besi-dishub-solo-raib-komplotan-maling-terekam-cctv

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke