Salin Artikel

Cuaca Ekstrem, Kapal Batam-Lingga yang Bawa 90 Penumpang Kandas di Pulau Ngenang

BATAM, KOMPAS.com - Kapal Roro milik PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), KMP Senangin rute Pelabuhan Telaga Punggu Batam-Pelabuhan Dabo Singkep Lingga kandas sekitar pukul 21.00 WIB, Senin (2/1/2023).

Kapal tersebut kandas setelah mencoba menerobos cuaca ekstrem di sekitar perairan Pulau Ngenang dekat Pulau Mencaras Melintang Pulau Lobam, Kabupaten Bintan, Kepri.

Kasi Kesyahbandaran UPP Kelas I Tanjung Uban, Muqorobin membenarkan peristiwa tersebut. Ia mengaku proses evakuasi penumpang maupun kapal berjalan lancar.

"Kapal KMP Senangin berangkat dari Pelabuhan Dabo Singkep, Kabupaten Lingga menuju Telaga Punggur Batam. Namun karena cuaca sedang tidak bersahabat mengakibatkan kapal tersebut kandas di Perairan Ngenang, Bintan," kata Muqorobin melalui telepon, Rabu (4/1/2023).

Ia menjelaskan, saat peristiwa terjadi, KMP Senangin tengah membawa 90 penumpang, terdiri dari 70 orang dewasa dan 20 penumpang anak-anak.

Sementara untuk kendaraan Golongan II berjumlah 4 unit, Golongan IV A berjumlah 2 unit dan Golongan V B 1 unit.

Saat itu, pihaknya menerima informasi dari ASDP Tanjung Uban sekitar pukul 21.10 WIB bahwa KMP Senangin kandas.

"Saat itulah kami berkoordinasi dengan kapal Tugboat Pertamina yang berada dekat dengan lokasi kejadian. Selanjutnya dilakukan evakuasi dan sekitar pukul 00.13 WIB KMP Senangin berhasil dievakuasi berikut penumpangnya," jelas Muqorobin.

Ia menambahkan, proses evakuasi berjalan sekitar 40 menit. Setelah dievakuasi, KMP Senangin melanjutkan perjalanannya menuju pelabuhan Telaga Punggur dan bersandar di pelabuhan tersebut sekitar pukul 01.35 WIB, Selasa (3/1/2023). 

"Jadi insiden ini tidak ada korban jiwa untuk penyebab kapal kandas selain faktor cuaca juga dikarenakan menghindari nelayan dan jaring nelayan," pungkas Muqorobin.

Untuk diketahui, berdasarkan perkiraan BMKG Statiun Kelas I Hang Nadim, akan terjadi hujan Sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang hingga Kamis (5/1/2023) di Kabupaten Lingga dan sekitarnya.

"Waspadai juga tinggi gelombang di Kabupaten Lingga yang mencapai ketinggian hingga 2,5 meter," terang prakirawan Statiun Kelas I BMKG Hang Nadim Ibnu Susilo, Rabu (3/1/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/01/04/082714878/cuaca-ekstrem-kapal-batam-lingga-yang-bawa-90-penumpang-kandas-di-pulau

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke