KILAS DAERAH

Kilas Daerah Semarang
Salin Artikel

Atasi Banjir, Pemkot Semarang Dorong Normalisasi Sungai Plumbon

KOMPAS.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) segera melakukan normalisasi Sungai Plumbon yang ada di kawasan Mangkang.

Permintaan tersebut didasari oleh keberadaan tanggul yang jebol di limpasan air Sungai Plumbon. Kondisi ini pun menyebabkan banjir di kawasan Mangkang.

Pelaksana tugas atau (Plt) Wali kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengatakan, pihaknya sudah meminta ke pemerintah pusat untuk segera melakukan normalisasi Sungai Plumbon.

Sebagai informasi, kawasan barat Kota Semarang memiliki dua sungai besar, yakni Sungai Beringin dan Sungai Plumbon.

Sungai Beringin sendiri saat ini tengah dilakukan normalisasi dan diharapkan segera selesai dalam waktu dekat.

“Sungai Beringin kan sedang dinormalisasi. Nah, agar benar-benar banjir bisa dientaskan, kami minta pemerintah pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pamali - Juana juga melakukan normalisasi di Sungai Plumbon pada 2023,” ujar wali kota yang akrab disapa Mba Ita itu dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Minggu (1/1/2023).

Tak hanya normalisasi, Mba Ita juga ingin pembenahan drainase Sungai Plumbon segera dilakukan agar banjir yang kerap terjadi tidak terulang kembali.

Selain itu, ia juga berharap agar pemerintah pusat mau merealisasikan rencana pembangunan embung.

“Kami juga akan dorong pembangunan sistem pipa horizontal di wilayah atas. Tujuannya, agar air tidak langsung turun ke Semarang bawah,” jelas Mba Ita.

Menurut Mba Ita, upaya mengentaskan banjir di Kota Semarang tidak hanya menjadi tanggung jawab oleh pemerintah saja, tetapi juga semua pihak, termasuk masyarakat.

Oleh karena itu, dirinya pun meminta agar semua warga Kota Semarang bisa ikut andil. Salah satunya, dengan tidak membuang sampah sembarangan.

"Masyarakat diimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan karena waktu sidak di rumah-rumah pompa kemarin sampahnya banyak sekali. Di gorong-gorong isinya sampah, infrastruktur jadi sulit dibangun kalau pola pikir masyarakat seperti itu. Salah satu tugas utama kami adalah membangun kesadaran masyarakat,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/01/01/11194971/atasi-banjir-pemkot-semarang-dorong-normalisasi-sungai-plumbon

Bagikan artikel ini melalui
Oke