Salin Artikel

Masa Transisi Tanggap Bencana Erupsi Semeru Ditetapkan Selama 3 Bulan

Dalam masa transisi ini, Pemkab menargetkan proses relokasi penyintas erupsi Gunung Semeru ke Kompleks Bumi Semeru Damai, Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang bisa selesai.

Saat ini, sebanyak 1.392 Kepala Keluarga (KK) sudah pindah ke 1.951 unit rumah yang sudah disediakan pemerintah di lahan seluas 81,5 hektar

Seluruh KK yang sudah menempati hunian tetap itu berasal dari desa-desa yang masuk dalam kawasan zona merah erupsi Gunung Semeru.

Di antaranya Dusun Kamarkajang, Dusun Kajarkuning, Kampung Renteng di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro. Serta Dusun Curah Kobokan dan Dusun Sumbersari di Desa Supiturang, Kecamatan Pronojiwo.

"Masa transisi tanggap bencana ini kita fokuskan untuk menyelesaikan relokasi penyintas Semeru yang masih tinggal di titik-titik zona merah," kata Kepala BPBD Lumajang Patria Dwi Hastiadi di Lumajang, Kamis (29/12/2022).

Patria menambahkan, pihaknya tengah mengebut perbaikan fasilitas umum seperti jembatan, masjid, dan jalan yang hancur akibat dua kali diterjang erupsi Gunung Semeru dalam dua tahun terakhir.

"Perbaikan jembatan Gladak Perak juga jadi prioritas kami, mengingat ini jalan utama untuk ke Malang," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Lumajang Thoriqul Haq menargetkan pembangunan Jembatan Gladak Perak yang hancur usai diterjang erupsi Gunung Semeru 2021 selesai Desember tahun ini.

Namun, medan yang sulit, cuaca tidak menentu, hingga erupsi yang kembali terjadi tepat satu tahun setelah erupsi tahun 2021 membuat pengerjaan jembatan terancam molor dari target.

"Dari jadwal yang sudah direncanakan diperkirakan akan selesai di bulan Desember 2022. Memang butuh waktu karena dalam kondisi normal pengerjaannya butuh waktu lebih dari enam bulan," ucap Thoriq, Selasa (31/5/2022).

https://regional.kompas.com/read/2022/12/29/231212278/masa-transisi-tanggap-bencana-erupsi-semeru-ditetapkan-selama-3-bulan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke