Salin Artikel

Jatuh Saat Arung Jeram di Sungai Ciberang Lebak, 1 Wisatawan Meninggal

LEBAK, KOMPAS.com - Seorang wisatawan asal Kabupaten Serang, tewas terseret arus Sungai Ciberang di Kecamatan Lebakgedong, Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

Korban berinisial P dilaporkan terseret arus saat kegiatan arung jeram bersama keluarganya di Sungai Ciberang, Rabu (28/12/2022). 

Kapolsek Lebakgedong Iptu Supar membenarkan peristiwa tersebut. Kata dia, korban melakukan arung jeram bersama istri dan kedua anaknya didampingi oleh dua guide lokal.

"Saat tiba di Blok Runyu, perahu miring dan mengakibatkan seluruh penumpang di perahu arung terjatuh," kata Supar kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Kamis (29/12/2022).

Adapun di perahu tersebut terdapat empat orang, yakni korban beserta istri dan dua orang anaknya, serta dua orang guide.

Dua orang anaknya berhasil diselamatkan oleh guide, sementara korban dan istrinya terseret arus sungai. Korban bersama istrinya kemudian ditemukan warga sejauh 1 kilometer ke hilir sungai.

"Koban langsung dibawa ke Puskesmas Lebakgedong, namun oleh pihak puskesmas, korban dinyatakan sudah meninggal dunia," tutur dia.

Terkait peristiwa tersebut, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lebak mengimbau wisatawan untuk menghindari wisata air karena cuaca ekstrim yang terjadi akhir-akhir ini.

Kepala Pelaksana BPBD Lebak, Febby Rizky Pratama mengatakan, wisatawan yang datang ke Lebak diminta untuk waspada saat berkunjung ke spot wisata air seperti pantai, air terjun, hingga arung jeram.

"Masyarakat boleh berlibur sepuasnya di Kabupaten Lebak, tapi ketika berlibur tolong patuhi petugas yang ada," kata Febby saat dikonfirmasi.

Febby menjelaskan, petugas gabungan disiagakan di tempat wisata selama libur Natal dan Tahun Baru.

Untuk kenyamanan dan keamanan wisatawan, wisatawan diimbau patuh dan mengikuti aturan petugas terutama saat berwisata air di pantai.

"Banyak wisatawan yang belum mengenal karakter pantai di selatan, jadi jangan memaksakan diri untuk berenang, ikuti aturan petugas," beber dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/29/172255578/jatuh-saat-arung-jeram-di-sungai-ciberang-lebak-1-wisatawan-meninggal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke