Salin Artikel

Ratusan Buruh di Brebes Demo DPRD, Tuntut Lowongan Kerja untuk Laki-laki hingga Penanganan Kemiskinan Ekstrem

TEGAL, KOMPAS.com - Dengan mengendarai sepeda motor, ratusan buruh yang menamakan dirinya Serikat Buruh Merdeka Indonesia (Sebumi) Brebes mendatangai Kantor DPRD Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Selasa (27/12/2022).

Setibanya di DPRD, sekitar pukul 11.30 WIB mereka menggelar orasi di halaman gedung. Setidaknya ada 4 poin yang menjadi tuntutan buruh.

Pertama, DPRD Brebes harus turut serta memperjuangkan upah yang layak untuk buruh di Kota Bawang. Kedua bantuan-bantuan dari pemerintah wajib dirasakan juga oleh keluarga buruh.

"Yang ketiga, mudahkan lowongan pekerjaan untuk laki-laki. Dan yang keempat, DPRD Brebes harus lebih berperan terhadap penanganan stunting dan kemiskinan ekstrem di Brebes," kata Ketua Sebumi PT BIG, Bambang Suhendi.

Setelah menggelar orasi, sejumlah perwakilan buruh beraudensi di ruang paripuna DPRD Brebes.

Perwakilan buruh ditemui salah satu Pimpinan DPRD Brebes Teguh Wahid Turmudi, dan sejumlah anggota lainnya.

Bambang Suhendi berharap ada titik temu untuk empat tuntutan yang disampaikan. Terutama perihal lowongan pekerjaan untuk laki-laki. Pasalnya lowongan buruh pabrik-pabrik di Brebes lebih banyak untuk perempuan.

"Saat ini lowongan pekerjaan lebih banyak menyerap wanita. Jadi, kami juga mendorong agar DPRD bisa memudahkan keberadaan lowongan pekerjaan bagi laki-laki," pungkas Bambang.

Anggota DPRD Kabupaten Brebes Mustholah di hadapan para buruh menyampaikan usulan buruh akan disampaikan ke Pemkab Brebes.

"Usulan mereka sudah kami terima dan kita tampung, yang selanjutnya akan kami tindaklanjuti," kata Mustholah.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/27/184246178/ratusan-buruh-di-brebes-demo-dprd-tuntut-lowongan-kerja-untuk-laki-laki

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke