Salin Artikel

Viral Video Monyet Ambil Tas Pengunjung TN Kelimutu, Ini Respons Pengelola

ENDE, KOMPAS.com - Sebuah video yang memperlihatkan seekor monyet mengambil tas pengunjung wisata Taman Nasional Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT), viral di media sosial, Senin (26/12/2022).

Dalam video yang beredar, tampak monyet tersebut mengambil sebuah tas warna hitam. Ia lalu membuka tas tersebut dan mengambil beberapa barang bawaan.

Sementara itu, tampak dua orang pengunjung berusaha membujuk monyet tersebut agar tas milik mereka dikembalikan. Monyet itu hanya mengambil beberapa barang dan pergi meninggalkan tas.

Tak berselang lama, seorang pria yang mengenakan celana pendek mengambil tas tersebut dan mengembalikan ke sang pemilik.

Kepala Balai Taman Nasional Kelimutu (BTNK) Hendrikus Rani membenarkan bahwa insiden dalam video itu terjadi di Taman Nasional Kelimutu. Meski begitu, pihaknya tidak mendapat laporan langsung terkait kejadian tersebut.

"Terkait kejadian ini, tidak ada laporan ke petugas kami di lapangan," ujar Hendrikus saat dihubungi, Senin.

Hendrikus menduga, saat kejadian petugas sedang berada di lokasi yang lain.

Pihaknya mengaku telah memberikan tanda bagi pengunjung yang dipasang di beberapa titik strategis. Bahkan, petugas sudah memberikan imbauan agar pengunjung tidak memberi makan monyet dan menyimpan barang bawaan di dalam tas.

"Tapi kadang pengunjung masih ada yang iseng untuk memberi makan monyet dan membawa makanan atau minuman tidak ditaruh dalam tas atau ditinggalkan di parkiran," katanya.

Kendati demikian, Hendrikus menyampaikan permohonan maaf atas insiden itu.

"Tapi sebagai pengelola kami mohon maaf atas kejadian tersebut," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/27/072851678/viral-video-monyet-ambil-tas-pengunjung-tn-kelimutu-ini-respons-pengelola

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke