Salin Artikel

Gubernur Ganjar Sebut Jateng Tak Perlu Jatah Beras Impor

Menurut Ganjar, sejumlah daerah di Jateng merupakan lumbung beras. Sehingga ia menegaskan bahwa Jateng tak perlu beras impor.

“Jawa Tengah enggak perlu ya memang jangan sampai masuk. Kemarin Sragen yang menyampaikan kepada saya, para pedagangnya protes karena di Sragen kan juga lumbung ya,” kata Ganjar dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Senin (26/12/2022).

Dalam kesempatan itu, Ganjar mengatakan stok beras di Jateng saat ini aman. Pasalnya, data BPS 2022 menunjukkan Jateng sebagai lumbung padi terbesar ke-2 di Indonesia dan menghasilkan 9,57 ton.

“Maka betul-betul tolong ditahan (beras impor) bisa dimasukkan ke daerah-daerah yang memang membutuhkan,” tegasnya.

Lebih lanjut, menjelang pergantian tahun baru 2023 Ganjar mengatakan beberapa komoditas pangan harganya masih naik turun lantaran kebutuhan masyarakat meningkat.

“Kontrol ini tidak boleh berhenti sampai dengan nanti tahun baru, dengan satu harapan ya suplai di masyarakat cukup, harga relatif terkendali, sehingga secara keseluruhan pasti terkendali,” ujarnya.

Hal ini senada dengan keterangan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dalam Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah bila komoditas seperti beras, telur ayam ras, cabai rawit dan cabai merah jadi penyumbang inflasi di sejumlah daerah.

“Produk pertanian mungkin beberapa belum panen, nah ini ya pasti akan ada naik turun (harga). Ini lah kenapa produk-produk substitusinya mesti ada, umpama kalau cabe bergerak, yuk kita cabe olahannya nggak harus fresh gitu bisa dan produk yang lain,” lanjut Ganjar.

Sejumlah komoditas strategis yang mengalami kenaikan harga, antara lain telur ayam ras, daging ayam ras, cabai rawit, cabai merah dan beras.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS, Setianto membeberkan, kenaikan harga komoditas tersebut di angka Rp30-Rp50ribu per kilogramnya.

“Untuk beras secara kumulatif selema Desember peningkatannya 2,2 persen. Rata-rata harganya Rp11ribu,” jelas Setianto.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/26/225839678/gubernur-ganjar-sebut-jateng-tak-perlu-jatah-beras-impor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke