Salin Artikel

Kisah Pemudik, Tempuh Perjalanan Panjang demi Rayakan Natal di Kampung Halaman, Lelah Terbayar Saat Kumpul dengan Keluarga

KOMPAS.com - Natal telah tiba. Bagi Sihotang (40), hidup seperti ada yang kurang bila tak bisa merayakan Natal bersama keluarga besarnya.

"Serasa hidup tanpa arti jika kami tidak (merayakan) Natal bersama keluarga besar," ujarnya, Jumat (23/12/2022), dikutip dari Antara.

Oleh karena itu, demi merayakan Natal di kampung halamannya, Sihotang bersama keluarganya rela menempuh perjalanan panjang dari Jakarta ke Medan, Sumatera Utara.

Sihotang mudik menggunakan mobil low MPV (multipurpose vehicle). Mereka berangkat dari kawasan Petamburan, Jakarta, pada Jumat pagi, dan dijadwalkan tiba di Medan pada Minggu (25/12/2022) malam.

Setiba di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten, mereka disambut oleh antrean panjang kendaraan.

Meski terhalang macet, itu tidak mengurangi suka cita Sihotang demi bisa merayakan Natal di kampung halaman.

"Kami senang menempuh perjalanan jauh dengan kondisi apa pun, termasuk kemacetan hingga berjam-jam, baik panas maupun hujan," ucapnya.

Menempuh perjalanan panjang sekitar tiga hari, Sihotang dan keponakannya bergantian mengemudikan mobil.

Ia mengatakan, walau selama perjalanan terasa lelah dan pegal, tetapi hal itu terbayar dengan kebahagiaan saat bisa berkumpul dengan keluarga besarnya.


Tempuh Bandung-Bengkulu demi rayakan Natal

Perjalanan panjang demi merayakan Natal di kampung halaman juga dilakukan Kristine Samuel (45).

Bersama keluarganya, pemudik dari Bandung, Jawa Barat, ini hendak merayakan Natal di Bengkulu, tempat orangtuanya tinggal.

Sama seperti Sihotang, Kristine juga sempat terjebak macet di Pelabuhan Merak pada Jumat.

Kala terjebak macet, Kristine dan keluarga menyempatkan diri untuk makan dan melepas lelah setelah menempuh perjalanan darat dari Bandung.

Selang beberapa jam, antrean kendaraan di area parkir Demaga Eksekutif Pelabuhan Merak mulai berkurang. Kristine pun akhirnya bisa naik kapal menuju Pelabuhan Bakauheni, Lampung.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/25/154528178/kisah-pemudik-tempuh-perjalanan-panjang-demi-rayakan-natal-di-kampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke