Salin Artikel

Viral Foto Berpose Salam Metal, Wabup Purbalingga Didepak dari Partai Golkar

Sikap ini diambil menyusul viralnya foto sang wabup saat tengah berpose mengacungkan salam metal di pawai perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Purbalingga, baru-baru ini.

Keputusan pencopotan jabatan wanhat disepakati oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Purbalingga melalui mekanisme rapat pleno yang digelar Kamis (22/12/2022).

“Betul, Pak Sudono sudah kami copot sebagai ketua wanhat. Desakan dari para kader ini memuncak menyusul viralnya foto beliau mengacungkan ‘salam tiga jari’ yang identik dan patut diduga milik partai sebelah (PDI-P, red),” kata Ketua Harian Partai Golkar Purbalingga, Agus Sulastomo.

Sikap wabup, menurut Agus, sangat tidak etis karena Sudono merupakan kader yang diusung oleh partai berlogo Pohon Beringin tersebut.

Selain itu, Agus juga mengungkapkan, selama menjabat sebagai wanhat, pengurus merasa kesulitan untuk berkordinasi dengan Sudono.

“Selain desakan dari kader di bawah, kami juga mendapat teguran dari struktural di atas kami baik dari tingkat pusat dan provinsi karena melihat foto itu viral di medsos,” ujarnya.

Forum yang dihadiri para pengurus kabupaten dan kecamatan tersebut akhirnya memutuskan jabatan Ketua Wanhat Partai Golkar Purbalingga diserahkan kepada Subeno.

Agus mengungkapkan, selain mengganti posisi wanhat, forum pleno ini juga menyepakati pergantian posisi Ketua Fraksi Golkar di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Purbalingga.

Jabatan ketua fraksi yang sebelumnya diduduki oleh Adhi Irdianto digantikan oleh Ahmad Sabani. Adhi Irdianto yang juga merupakan putra dari wabup ini dicopot dengan dalih sama, kesulitan berkordinasi.

“Saya pastikan pergantian ini berbasis kinerja, sama sekali tidak ada istilah pembersihan atau conflict of interest,” tegasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/23/060300978/viral-foto-berpose-salam-metal-wabup-purbalingga-didepak-dari-partai-golkar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke