Salin Artikel

Soal Perayaan Natal di Maja, Bupati Lebak: Tidak Ada Larangan, Boleh Asalkan di Gereja yang Berizin

LEBAK, KOMPAS.com - Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya mengklarifikasi terkait rencana ibadah Natal yang akan dilakukan di Eco Club Citra Maja Raya (CMR), Kecamatan Maja. Iti menegaskan, dia tidak pernah melarang ibadah Natal tersebut.

Umat Kristen Lebak termasuk di Maja, boleh melaksanakan ibadah Natal di mana saja selama izin tempatnya sesuai.

"Tidak ada pelarangan, namun berdasarkan hasil kesepakatan dari musyawarah Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bahwa pelaksanaan ibadah (bersama) Natal hanya boleh dilaksanakan pada tempat yang sesuai dengan perizinannya," kata Iti melalui keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (17/12/2022).

Di ibukota Lebak sendiri, yakni di Rangkasbitung, terdapat delapan gereja yang sudah berizin dan boleh digunakan dengan nyaman. Iti juga mengajak umat Kristen untuk merayakan Natal bersama pada 27 Desember.

"Tanggal 27 ada Natal bersama di Rangkasbitung, saya akan datang," ungkap Iti.

Warga yang hendak mengikuti Natal bersama di Rangkasbitung bisa menggunakan akses KRL ke Rangkasbitung atau melalui jalan Nasional dengan jarak 20 kilometer.

Iti mengimbau Umat Kristen untuk menjalankan ibadah Natal di gereja yang sudah ada dan berizin resmi.

Hal tersebut, kata Iti, berdasarkan Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 9 Tahun 2006/Nomor 8 tahun 2006 tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Umat Beragama, dan Pendirian Rumah Ibadat.

Iti juga mengungkapkan, secara resmi belum pernah ada dokumen perizinan pendirian tempat ibadah di Maja ke Pemerintah Daerah Lebak.

"Bukan tidak diizinkan namun izin lingkungan sesuai Peraturan Bersama antara Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri pada Bab IV Pendirian Rumah Ibadat pasal 14 belum dipenuhi pengelola," kata dia.

Sebagai kepala daerah, Iti mengklaim, menjamin seluruh umat beragama melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinannya.

"Lebak adalah kabupaten bagi semua golongan yang mencintai Pancasila dan Kebhinekaan dan Kabupaten Lebak harus mampu menjaga Toleransi kehidupan beragama dalam masyarakat," pungkas dia.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya meminta umat Kristen yang tinggal di Kecamatan Maja untuk beribadah Natal di Rangkasbitung.

Permintaan tersebut terjadi karena ibadah Natal boleh dilakukan di tempat sesuai perizinannya, sementara di Maja belum ada gereja.

Saat itu, Iti menanggapi Camat Maja yang menyampaikan informasi ada pemberitahuan izin dari dua komunitas umat Kristen di Maja.

Dalam pemberitahuan tersebut mereka hendak melakukan ibadah Natal pada tanggal 18 dan 25 Desember di Eco Club Citra Maja Raya.

"Di Maja itu kan belum berdiri gereja yang izinnya legal. Tadi disampaikan oleh pak camat akan ada kebaktian dan saya sampaikan bahwa hasil rapat sebelumnya dengan FKUB, sudah memutuskan, sudah bermusyawarah dengan elemen terkait termasuk pengelolanya, pengembangnya, kami akan mengizinkan beribadah di sana tetapi kalau memang izin gerejanya sudah keluar," ungkap Iti.

"Jadi kalau izinnya, peruntukannya untuk ruko maka tidak diperbolehkan. Jadi silakan beribadah kami tidak menghalangi tapi beribadah di gereja-gereja yang sudah ada," tegas dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/17/144329778/soal-perayaan-natal-di-maja-bupati-lebak-tidak-ada-larangan-boleh-asalkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke