Salin Artikel

Jelang Nataru, Pemprov Gorontalo Pastikan Stok Pangan Aman

Kepastian ini disampaikan oleh Penjabat Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer usai meninjau langsung Gudang persediaan di sejumlah perusahaan distributor dan Bulog.

Hamka Noer meninjau persediaan bahan pangan di gudang distributor PT Cipta Langgeng Mitra Sukses, Kota Gorontalo, Senin (12/12/2022). Kehadiran Hamka didampingi Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Gorontalo.

Hasil kunjungan menemukan sejumlah komoditas pangan di PT Cipta Langgeng Mitra Sukses tersedia, bahkan berlebih atau over stock. Perusahaan itu masih menyimpan 200 ton minyak goreng kemasan. Lalu gula pasir sekitar 500 ton dan terigu 400 ton.

“Hari ini kita meninjau lapangan dalam rangka menghadapi hari raya Natal dan tahun baru. Rupanya stok di lapangan tersedia dengan baik dan distribusi juga berjalan dengan baik. Sebetulnya dari aspek distributor, kita siap menghadapi kebutuhan Natal dan tahun baru,” kata Hamka Noer.

Penumpukan bahan pangan khususnya minyak goreng di sejumlah distributor disebut Hamka sebagai sesuatu yang wajar. Masyarakat punya banyak pilihan salah satunya dengan membeli minyak goreng curah yang disediakan pemerintah melalui PT Bulog Sub Divre Gorontalo.

“Melalui Bulog kita intensif melakukan operasi pasar untuk menjaga kestabilan harga di masyarakat. Sehingga penumpukan ini menjadi konsekuensi bisnis. Pemprov juga sudah menggelar pasar murah di 15 daerah, masyarakat tumpah ruah,” katanya.

Minyak goreng, terigu dan cabai rawit masing-masing tersedia sebesar 1.740 ton, 854 ton dan 185 ton dari kebutuhan bulanan masing-masing sebesar 1260 ton, 115ton dan 525 ton.

Bawang merah tersedia 170 ton dari kebutuhan bulanan 41 ton. Bawang putih tersedia 145 ton dari kebutuhan bulanan 32 ton. Kemudian ayam broiler 668 ton dari kebutuhan bulanan 296 ton.

Stok daging sapi sebanyak 304 ton dari kebutuhan bulanan 220 ton. Telur tersedia 916 ton dari kebutuhan bulanan 494 ton. Garam tersedia 308 ton dari kebutuhan bulanan 100 ton.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/13/094943078/jelang-nataru-pemprov-gorontalo-pastikan-stok-pangan-aman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke