Salin Artikel

Tour De Siak, Gubri Minta Masyarakat Tak Turun ke Jalan

KOMPAS.com - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar megimbau masyarakat untuk tidak turun ke jalan saat pelaksanaan event Tour De Siak (TDS) pada 1 Desember 2022 guna mengantisipasi kecelakaan atau kejadian tidak diinginkan.

Gubri berharap media online maupun cetak dapat ikut andil mensosialisasikan hal ini kepada masyarakat, sehingga mereka bisa berhati-hati saat peserta TDS melintas.

“Sebab itu berbahaya sekali, karena ini balap mereka tidak ada menahan lajunya, kencang. Karena itu ini perlu kehati-hatian. Kalau ada yang mau nonton, sebaiknya di pekarangan atau di ruko tidak turun ke pinggir jalan. Termasuk juga para wartawan, kami sudah siapkan tempatnya,” tutur Syamsuar, Selasa (12/11/2022).

Untuk persiapan rute, Syamsuar menuturkan, pihaknya dibantu Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah (Polda) Riau dan Balai Pelaksanaan Jalan Nasional akan terus melakukan pemantauan mulai hari ini hingga hari pelaksanaan TDS.

“Pokoknya mulai hari ini semua yang terkait dengan ini dikoordinasi oleh Wakil Direktur Lalu Lintas (Waditlantas) Polda Riau. Setiap hari akan mengecek kondisi jalan sampai dengan hari pelaksanaan. Tadi sudah kami diskusikan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pekanbaru, ini tidak mengganggu CFD. Tapi CFD kan sampai jam 9 itu sudah tidak ada lagi,” paparnya.

Ia melanjutkan, dibantu Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Dinas Perhubungan (Dishub), dan Komandan Distrik Militer (Dandim) Tentara Nasional Indonesia (TNI) akan menerjunkan lebih dari 2.000 personel untuk menjaga keamanan selama acara berlangsung.

“Dua ribu itu dari Polda saja, belum lagi dari TNI, Satpol PP dan Dishub. Karena ini perlu pengamanan, baik pengamanan untuk pembalap sepeda maupun masyarakat,” ujar Syamsuar.

Wakil Direktur (Wadir) Dit Lantas Polda Riau AKBP Donni Eka Syaputra menuturkan, saat ini koordinasi sudah dilakukan dengan baik. Pihaknya juga telah turun langsung untuk melakukan pemantauan jalan yang akan dilalui peserta TDS.

“Beberapa kali kami sudah turun bersama–sama dengan Kepala Balai Jalan, Kepala Dinas PUPR Provinsi Riau, dan PUPR Kabupaten. Kami secara maraton turun dan cek terus, kami juga setiap hari mendapatkan laporan progress pengerjaan jalan yang telah dilaksanakan.

“Sesuai instruksi Pak Gubernur, besok kami akan menginventarisasikan kembali jalan–jalan secara bersama-sama, dan itu akan terus ada proses follow-up sampai 30 November,” tambah AKBP Donni.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/12/18444941/tour-de-siak-gubri-minta-masyarakat-tak-turun-ke-jalan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke