Salin Artikel

Presiden Jokowi dan Iriana Tiba di Loji Gandrung, Acara Adat Ngunduh Mantu Kaesang-Erina Dimulai

SOLO, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Jokowi tiba di Loji Gandrung Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Jokowi dan Iriana tiba di tempat acara adat ngunduh mantu sekitar pukul 07.23 WIB. Jokowi berjalan kaki dari Simpang Tiga Sriwedari.

Jokowi didampingi Iriana beserta anak, mantu dan cucu-cucunya. Mereka memakai pakaian adat Jawi jangkep warna biru terbuat dari kain beludru.

Di perjalanan menuju Loji Gandrung, Jokowi dan Iriana menyapa hangat pengunjung car free day yang menyaksikan acara adat putra bungsunya Kaesang Pangarep dengan Erina.

Jokowi disambut Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang lebih dahulu tiba.

Kedatangan Jokowi tersebut sekaligus menadai dimulainya acara adat ngunduh mantu Kaesang dan Erina.

Sebagai informasi, tata cara adat ini diawali dari pasrah panampi boyong temanten sekalian kedua mempelai dari Yogyakarta.

Kemudian diterima oleh pihak keluarga mempelai laki-laki. Bertugas menerima Matheus Wasi Bantolo didampingi Gibran Rakabuming Raka dan Bobby Nasution diiringi tembang dandang gulo.

Dilanjutkan acara adat gepyokan (adat Jawa) dan minum air putih/air zam-zam, memakaikan kain sindur kepada pengantin sekalian sekalian dan menuju pelaminan.

Tata cara selanjutnya adalah pangabekten/sungkeman, tumplak punjen, dan nyebar udik-udik (menabur beras dan uang).

Selanjutnya acara begalan atau membagi-bagikan perlengkapan rumah tangga dan lain-lain oleh seniman ISI.

Kemudian acara terakhir adalah kirab pengantin dengan menggunakan kereta kencana dari Loji Gandrung menuju ke Pura Mangkunegaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/11/074634478/presiden-jokowi-dan-iriana-tiba-di-loji-gandrung-acara-adat-ngunduh-mantu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke