Salin Artikel

Hari Ini, Misteri "Jersey" Bernomor Punggung 10 dan 12 yang Dipakai Erina dan Kaesang Terjawab, Ternyata Tanggal Akad Nikah

KOMPAS.com - Kaesang Pangarep dan Erina Gudono bakal menggelar akad nikah pada Sabtu (10/12/2022).

Kode tanggal pernikahan Kaesang-Erina itu sebenarnya sudah tampak saat keduanya mengunggah foto pre-wedding berkostum jersey merah Persis Solo. Foto pre-wedding tersebut diambil di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Dalam jersey itu, Erina memakai nomor punggung 10 dengan nama "Kaesang". Sedangkan, calon suaminya mengenakan nomor punggung 12 dengan nama "Erina".

Saat mengunggah foto tersebut ke akun Instagram-nya pada Oktober 2022 lalu, Kaesang menuliskan caption singkat.

"Yukkk @erinagudono," tulis akun @kaesangp.

Kala itu, sewaktu dimintai konfirmasi, kakak Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka, dengan nada bercanda menyebutkan bahwa nomor punggung dalam jersey tersebut bisa saja adalah password WiFi di rumah sang adik.

"Kok 10, 12 tanggal toh. Lha embuh isoh wae password WiFi omahe Kaesang, kan aku ya ra mudeng (Ya enggak tahu, bisa saja password WiFi rumah Kaesang," ujar Gibran di Solo, Jawa Tengah, Sabtu (29/10/2022).

Hari ini, Sabtu (10/12/2022), teka-teki nomor punggung itu pun terjawab. Kaesang dan Erina bakal menggelar akad nikah di Pendopo Agung Royal Ambarrukmo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sebelum akad nikah, kedua calon mempelai telah merampungkan sejumlah upacara adat, salah satunya adalah siraman pada Jumat (9/12/2022).

Akad nikah Kaesang dan Erina akan dilangsungkan pada Sabtu siang.

Prosesi akan dimulai dengan upacara adat pasrah tampi calon pengantin putra pada pukul 12.30 WIB. Prosesi ini bermakna menyerahkan calon pengantin pria ke pihak calon pengantin wanita untuk dinikahkan.

Nantinya, dalam prosesi tersebut, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy ditunjuk sebagai juru bicara perwakilan calon pengantin putra. Adapun Mochamad Masyudi akan menjadi juru bicara perwakilan calon mempelai wanita.

Erina Gudono sebagai calon pengantin putri akan tiba di lokasi akad nikah pukul 13.00-13.15 WIB.

Kemudian, akad nikah Kaesang dan Erina akan dilakukan pada pukul 13.15 WIB hingga 14.00 WIB. Pada pukul 13.30 bakal ada penyerahan maskawin. Setelahnya, akan ada sejumlah upacara adat Jawa lainnya.

Sumber: Kompas.com (Penulis: Kontributor Solo, Labib Zamani; Kontributor Yogyakarta, Wisang Seto Pangaribowo | Editor: Dita Angga Rusiana, Robertus Belarminus)

https://regional.kompas.com/read/2022/12/10/113805878/hari-ini-misteri-jersey-bernomor-punggung-10-dan-12-yang-dipakai-erina-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke