Salin Artikel

Di Hadapan Para Bupati, Gubernur NTT Viktor Laiskodat Nyatakan Tak Akan Maju dalam Pilgub NTT 2024

Pernyataan Viktor itu, disampaikan di hadapan para bupati, wali kota dan sejumlah pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), saat penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Alokasi Transfer ke Daerah (TKD), tahun anggaran (TA) 2023 di Kantor Gubernur NTT, Jumat (9/12/2022).

"Kali ini saya tidak mau jadi gubernur lagi. Saya mau ke Jakarta untuk mendesain sistem pemerintahan daerah, agar kalau bupati dan wali kota tidak perform seperti yang diharapkan maka harus diganti," tegas Viktor.

Dia menyebut, sistem pemilihan boleh langsung, tapi begitu jadi bupati, wali kota dan gubernur, maka otomatis akan masuk dalam sistem pemerintahan.

Menurutnya, syarat bagi para pejabat tersebut jika tidak bekerja, maka harus diganti karena tidak layak menduduki jabatan itu.

"Saya mendesain sistem pemerintahan agar pemimpin di daerah tidak maina-main," ujar Viktor, yang berencana memilih jalur legislatif.

Viktor Laiskodat yang maju Pilgub 2018 bersama Josef Nae Soi dan diusung NasDem serta Golkar itu mengatakan, dirinya akan kembali ke Jakarta untuk bekerja bagi NTT lewat jalur yang lain.

"Ah enggak mau, 40 persen hampir 70 persen permasalahan NTT itu ada di pusat. Desainnya harus di pusat," kata Viktor.

Menurut Viktor, gubernur sehebat apa pun tapi tidak diurus di pusat maka ada hal-hal, atau kekayaan NTT yang tidak bisa dikembangkan dengan baik.

Dia mengatakan, bukan saja pemimpin di NTT yang mindsetnya harus diubah tapi mindset pemerintah pusat juga harus diubah.

Setelah memimpin NTT hampir lima tahun, Viktor Laiskodat baru memahami dengan baik, apa yang terjadi dan apa yang harus dibenahi daerah yang berbatasan langsung dengan negara Timor Leste itu.

"Saya setelah jadi gubernur lima tahun, saya paham betul masalah NTT. Sehingga waktu balik ke sana kita desain dalam desain pembangunan yang tepat, sehingga dia akan bertumbuh hebat," ujar dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/10/052403978/di-hadapan-para-bupati-gubernur-ntt-viktor-laiskodat-nyatakan-tak-akan-maju

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke