Salin Artikel

BPBD Bangun Tenda Darurat untuk Tampung Ratusan Korban Kebakaran di Ambon

AMBON, KOMPAS.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ambon membangun sejumlah tenda darurat untuk menampung ratusan pengungsi korban kebakaran di kawasan Mardika, Kelurahan Rijali, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Maluku, Jumat (9/12/2022).

Tenda darurat yang dibangun itu berada di sebuah tanah lapang tak jauh dari kantor Kelurahan Rijali yang berada di lokasi kebakaran.

Pantauan Kompas.com di lokasi kejadian, hingga malam ini ada tiga tenda berukuran besar yang telah didirikan petugas BPBD.

Meski tiga tenda telah dibangun, namun para pengungsi belum bisa masuk ke tenda karena petugas masih membuat tempat tidur dari kayu dan tripleks agar pengungsi tidak tidur beralaskan tanah dan tidak kedinginan.

Selain mendirikan tenda darurat untuk menampung para pengungsi, Dinas Sosial juga telah membangun dapur umum untuk melayani kebutuhan makan para korban kebakaran.

Penjabat Wali Kota Ambon, Bodewin Wattimena, saat meninjau lokasi kebakaran, mengatakan, pemerintah saat ini sedang melakukan upaya tanggap darurat untuk menangani para pengungsi korban kebakaran.

“Kita tentu berharap dengan penanganan secara cepat seluruh masyarakat yang terdampak ini dapat tertangani secara baik dan manusiawi, baik untuk tempat tinggalnya kesehatannya dan untuk mekanannya dan sebagainaya,” katanya kepada wartawan.

Ia mengaku saat ini Pemkot Ambon masih terus mendata warga yang terdampak langsung dari musibah kebakaran tersebut.

Menurutnya, pendataan para korban kebakaran sangat penting agar pemerintah bisa mengambil langkah penanganan sesuai dengan data yang ada.

“Kita masih mendata dan dari data itulah yang menjadi dasar bagi kita untuk mengambil langkah-langkah penanganan, tapi yang pasti pemerintah kota akan mengambil tanggap darurat terhadap peristiwa kebakaran ini,” ungkapnya.

“Semua OPD terkait bahkan kepolisian semua ikut membantu dalam proses ini tapi yang pasti kami mengaharapkan upaya ini terkoordinir secara baik supaya bisa mendapatkan rasa keadilan,” katanya.

Sebelumnya, kebakaran hebat melanda kawasan Mardika, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, pada Jumat (9/12/2022) sekira puku 04.00 WIT.

Musibah itu menyebabkan ratusan bangunan hangus terbakar, termasuk rumah dan kios milik warga. Selain itu, dua orang dinyatakan meninggal dunia dan seorang lagi mengalami luka bakar cukup serius.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/09/191826478/bpbd-bangun-tenda-darurat-untuk-tampung-ratusan-korban-kebakaran-di-ambon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke