Salin Artikel

Pak Bhabin Asal Cilacap Bakal Jadi Kusir Kereta Kuda Kirab Pernikahan Kaesang-Erina

Aiptu Warsito merupakan personel Polresta Cilacap yang bertugas menjadi Bhabinkamtibmas di wilayah Polsek Kesugihan.

Warsito mengatakan, dalam prosesi kirab pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) nanti akan disiapkan 12 kereta kuda.

Kereta yang akan ditunggangi Kaesang dan Erina ditarik menggunakan enam kuda. Sedangkan kereta lainnya masing-masing ditarik dengan dua kuda.

"Yang dipercaya untuk menyiapkan kereta kuda adalah Mas Ngabehi Mujiono Prasetyo selaku pemilik Pajajaran Stabel yang kebetulan masih kerabatnya," kata Warsito kepada wartawan, Kamis (8/12/2022).

Menjadi kusir bukan hal yang asing bagi pria asal Dusun Sojiwan, Desa Kebondalem Kidul, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten ini.

Berkat kepiawaiannya itu, Warsito kerap dipercaya menjadi kusir kereta kuda pada acara-acara besar di sejumlah daerah.

Warsito tercatat pernah menjadi kusir kereta kuda pada Festival Keraton Nusantara di Yogyakarta 1995, Festival Keraton Nusantara di Solo 1997 dan Cirebon.

Warsito juga dipercaya saat acara Kirab Jumenengan Dalem Paku Buwono XII, dan pernikahan putra dalem Paku Buwono XII.

Di tempatnya bertugas, Warsito juga pernah menjadi kusir kereta kuda saat kirab Hari Jadi Kabupaten Cilacap, dan kirab pernikahan Wakil Bupati Cilacap Samsul Aulia Rahman.

"Kegiatan ini selalu didukung oleh Kapolresta Cilacap," kata Warsito.

Seperti diketahui, kirab pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono ini akan berlangsung dari Loji Gandrung hingga Pura Mangkunegaran.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/08/140446978/pak-bhabin-asal-cilacap-bakal-jadi-kusir-kereta-kuda-kirab-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke