Salin Artikel

Jelang Pernikahan Kaesang-Erina, Okupansi Hotel di Solo Capai 90 Persen

Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Solo, Sisto A Sreshtho mengatakan, pernikahan Kaesang dan Erina memberikan dampak positif terhadap okupansi perhotelan di Solo.

"Pernikahan itu (Kaesang-Erina) betul-betul membawa dampak positif bagi perhotelan di Solo karena menurut pengamatan PHRI kawan-kawan perhotelan tidak hanya bintang 3, 4, dan 5. Namun seluruh bintang ya. Ada kenaikan tingkat okupansi yang sangat signifikan di periode khususnya tanggal 10 sampai 12. Beberapa kawan-kawan itu mencatatkan penjualan hampir 90 persen khususnya di bintang tiga ke atas," kata Sisto dikonfirmasi, Kamis (8/12/2022).

Menurut Sisto kenapa peningkatan ini sangat dirasakan perhotelan khusus bintang tiga ke atas karena para tamu yang diundang para pejabat penting dan tamu dari mancanegara.

"Karena karakter dari para tamu yang diundang adalah para pejabat ya kebanyakan dari tamu-tamu penting tamu-tamu negara yang mereka membutuhkan kamar-kamar yang memang kamar kamar suite ke atas,  kamar-kamar yang memiliki luasan cukup luas ya. Dan ini hanya dimiliki oleh hotel-hotel bintang tiga," jelasnya.

"Bukan berarti hotel-hotel di bawah bintang tiga. Jika tidak mendapatkan dampaknya karena para tamu-tamu ini kan juga pasti akan membawa ajudan, akan membawa pendamping driver dan lain-lain. Sehingga inilah yang kemudian masuk mengisi untuk mata hotel bintang tiga ke bawah. Kami sangat berterima kasih ya karena apa ini berikan dampak sangat positif ke perhotelan dan pariwisata," terang dia.

Sebagai informasi, acara ngunduh mantu Kaesang dan Erina akan digelar di dua lokasi, yakni Loji Gandrung Jalan Slamet dan Pura Mangkunegaran Solo.

Di mana rumah dinas Wali Kota Solo ini akan digunakan untuk acara adat Kaesang-Erina. Sementara Pura Mangkunegaran sebagai acara resepsi.

Karena bertepatan dengan gelaran car free day (CFD), masyarakat atau pengunjung bisa ikut mangayubagyo (merayakan/berbahagia) atas pernikahan Kaesang dan Erina.

Juru bicara pernikahan Kaesang Pangarep-Erina Gudono, Gibran Rakabuming Raka mengatakan, car free day tetap dibuka meski bersamaan dengan acara pernikahan Kaesang-Erina di Loji Gandrung.

Menurut Gibran keluarga akan menyiapkan makanan dan bingkisan yang nantinya bisa dinikmati masyarakat pengunjung car free day.

"Selama car free day itu pedagang, warga yang pengin beraktivitas, sing pengin olahraga, pengin jajan, pengin ngajak anak-anaknya bermain silakan. Seperti biasa," kata Gibran di Solo, Jawa Tengah, Senin (5/12/2022).

"Pedagang silakan berjualan seperti biasa. Tapi nanti dari pihak keluarga akan menambahkan sedikit makanan, dan beberapa bingkisan," sambung dia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/08/122440878/jelang-pernikahan-kaesang-erina-okupansi-hotel-di-solo-capai-90-persen

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke