Salin Artikel

Saat Warga Terdampak Banjir Pati Semringah Dikunjungi Ganjar

Kehadiran Ganjar itu bak pelipur lara bagi warga setelah terdampak banjir bandang. Ganjar didampingi Pj Bupati Pati Henggar Budi Anggoro, mengunjungi dua titik di Kecamatan Tambakromo, yang jadi wilayah terparah akibat banjir bandang pada akhir November lalu.

Saat di Desa Sinomwidodo misalnya, Ganjar langsung diserbu warga setibanya di balai desa setempat. Ia tak luput dari kejaran remaja hingga orangtua untuk sekadar bisa berjabat tangan dan menyapa.

"Aduh ramai banget cuma keliatan rambut putihnya aja," teriak seorang ibu yang tak kuasa berdesak-desakan untuk menyapa Ganjar.

Begitu pula saat Ganjar masuk ke gang kecil dan melihat kondisi rumah warga. Beberapa warga sedang mencuci pakaian pun langsung semringah saat melihat Ganjar.

"Pak, jenengan pas banjir ngentosi pinten jam (Pak saat banjir anda menunggu berapa jam)," tanya Ganjar pada seorang lansia.

"Nggeh dangu pak (Ya lama pak). Banjire pun sedadane kulo (banjirnya setinggi dada saya)," jawab lansia tersebut.

Kemudian para ibu sahut menyahut meminta bantuan alat elektronik ke Ganjar. Menurut mereka, bantuan makanan dan sembako sangat tercukupi.

"Magic com pak, untuk masak nasi," teriak ibu-ibu.

"Saya kira jembatan itu tidak lagi berkaki dua di tengah. Itu mestinya tanpa kaki jadi bentangannya agak panjang sehingga arus sungai bisa lebih cepat," tuturnya.

Di sisi lain, kata Ganjar, normalisasi sungai juga penting. Apalagi dari banjir yang terjadi menyisakan banyak sampah rumah tangga yang terbawa.

"Itu langsung kita kerjakan maka alat-alat berat sudah mulai masuk. Saya terima kasih kepada BBWS yang bergerak cepat," katanya.

Mantan anggota DPR RI itu juga mengapresiasi instansi dan lembaga vertikal yang bergotong royong membantu korban terdampak banjir. Khususnya posko kesehatan, dia meminta agar maksimal melayani warga.

"Pengobatan dari kepolisian makasih dibantu jadi masyarakat ini nanti urusannya penyakit kulit biasanya, ISPA gitu ya, Inis semua diobati betul. Nah nanti ada permintaan tadi kasur, kompor, nanti saya carikan," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/07/203659178/saat-warga-terdampak-banjir-pati-semringah-dikunjungi-ganjar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke