Salin Artikel

Terduga Pelaku Bom Bunuh Diri di Astanaanyar Bandung Indekos di Sukoharjo

SUKOHARJO, KOMPAS.com - AS (34), terduga pelaku bom bunuh diri Mapolsek Astanaanyar, Bandung, tinggal di sebuah rumah kos di Dusun II, Siwal, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Pemilik rumah kos, Surati, membenarkan bahwa AS menyewa kamar kos miliknya bersama dengan istri dan anaknya. AS sudah tinggal di rumah kos itu sekitar setahun, sejak September 2021.

"Masih kos di sini istri dan anaknya satu. (Masuk) September 2021," katanya saat ditemui di Sukoharjo, Jawa Tengah, Rabu (6/12/2022).

Selama menyewa kamar kos, AS tidak menyertakan identitasnya. Hanya istri AS yang menyerahkan identitasnya berupa fotokopi kartu tanda penduduk (KTP). Berdasarkan alamat sesuai KTP, istri AS berasal dari Indramayu.

Menurut Surati, AS sudah dua pekan bekerja di luar kota. Saat ditanya bekerja di luar kotanya mana, ia tidak menyebutkan dan masuk ke dalam rumah.

"Dapat info dua minggu kerja luar kota. Maaf ya, Pak, informasinya nanti lagi," ungkapnya.

Diberitakan sebelumnya, sebuah ledakan terjadi di Mapolsek Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Rabu (7/12/2022) pukul 08.20 WIB.

Kapolrestabes Bandung Aswin Sipayung menceritakan kronologi kejadian. Saat itu, sekitar pukul 08.20 WIB, anggota Polsek Astanaanyar sedang melaksanakan apel pagi.

Tiba-tiba ada seseorang laki-laki masuk ke Mapolsek mengacungkan senjata tajam dan menerobos barisan apel pagi. Seketika, anggota pun menghindar.

"Lalu ada ledakan. Sekarang pelaku meninggal dunia di lobi. Tiga orang anggota kami mengalami luka-luka," ujar Aswin.

Saat ini, ketiga polisi yang luka-luka dirawat di RS Sartika Asih, Bandung. Tempat kejadian perkara pun sudah dipasangi garis polisi.

"Jalan raya ditutup. Saat ini (kami) sedang menunggu tim jibom dari Kapolda Jabar," ungkap Aswin.

Akibat ledakan tersebut, pintu gerbang dan lokasi apel pagi di Mapolsek Astanaanyar hancur. Namun, tidak sampai ke dalam.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/07/144008478/terduga-pelaku-bom-bunuh-diri-di-astanaanyar-bandung-indekos-di-sukoharjo

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke