Salin Artikel

Cerita Joko Riyanto, Penjual HIK asal Sumber dapat Undangan Pernikahan Kaesang-Erina

SOLO, KOMPAS.com - Seorang warga sekaligus penjual hidangan istimewa kampung (HIK) asal Sumber, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, bernama Joko Riyanto (59) mendapat undangan resepsi pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran Solo, Jawa Tengah, Minggu (11/12/2022).

Bapak tiga anak yang akrab disapa Jack ini menerima undangan resepsi putra bungsu Presiden Jokowi pada Selasa (6/12/2022), dari salah satu pegawai Graha Saba Buana yang merupakan milik putra sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

"Undangan diantar jam 9 pagi dari petugas gedung Graha Saba Buana," ungkap Jack, di Solo, Jawa Tengah, pada Rabu (7/12/2022).

Dia mengaku, sudah tiga kali mendapat undangan pernikahan dari Presiden Jokowi.

Pertama, saat pernikahan Gibran dengan Selvi Ananda. Kemudian, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution dan terkahir Kaesang Pangarep dan Erina Gudono.

Jack mengatakan, dirinya mendapat undangan resepsi pernikahan Kaesang dan Erina untuk sesi kedua yakni pukul 10.30 WIB-11.30 WIB.

"Saya sudah tiga kali ini diundang. Dari Mas Gibran, Mbak Kahiyang, sama Mas Kaesang," kata warga Sumber RT 002, RW 011, Kecamatan Banjarsari, Solo, itu.

Sebagai rakyat biasa, Jack mengaku bangga mendapat undangan untuk menghadiri resepsi pernikahan Kaesang-Erina.

"Sebagai orang kecil, wong cilik diundang beliau Pak Presiden, sesuatu kebanggaan bagi saya," ujar Jack.

Jack mengatakan, tidak ada persiapan khusus untuk menghadiri resepsi pernikahan Kaesang dan Erina.

Dirinya akan berangkat bersama sang istri Endang Mawarni (48).


Dirinya juga tidak akan membawa apa-apa di acara respsi pernikahan Kaesang dan Erina karena di dalam undangan tersebut disebutkan tidak menerima sumbangan.

"Ya biasa saja. Pakaian batik kami berangkat ke sana. (Besok) enggak bawa apa-apa. Kami datang tanda tangan, ambil suvenir, kami foto, makan, sudah pulang," ungkap dia.

Jack menuturkan, dirinya kenal dengan Jokowi sebelum menjadi Wali Kota Solo.

Jokowi sering ke Gedung Graha Saba Buana berjalan kaki dari tempat tinggalnya. Jack juga mengaku sesekali berbincang hangat dengan Jokowi.

Jack sendiri berjualan HIK di depan Gedung Graha Saba Buana sejak 2001.

Sejak berjualan, Jokowi belum pernah ke warung HIK-nya.

Tetapi, dirinya pernah diminta membuatkan minuman dan membawa makanan ke Gedung Graha Saba Buana.

"Saya pernah melayani Bapak misalnya membuatkan susu jahe. Dia sukanya itu tahu bacem, pisang goreng dibakar. Jadi didahar anget-anget. Saya sering itu dibawa ke gedung," ungkap Jack.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/07/082137878/cerita-joko-riyanto-penjual-hik-asal-sumber-dapat-undangan-pernikahan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke