Salin Artikel

Menkes Budi Beri Waktu Seminggu 96 Persen Anak di Pidie Aceh Divaksin Polio

BANDA ACEH, KOMPAS.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melakukan pencanangan Sub Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di Aceh, untuk merespon kasus luar biasa (KLB) Polio di aceh yang terjadi di Desa Mane Kecamatan Mane, Kabupaten Pidie, Senin (5/12/2022).

Di hadapan Penjabat Gubernur Aceh Achmad Marzuki dan Dinas Kesehatan dan Dinas terkait lainnya, Menteri Budi menginstruksikan agar pemberian imunisasi bisa tuntas dalam waktu satu bulan.

“Saya minta kepada Penjabat gubernur untuk bisa menuntaskan peberian imunisasi dalam waktu satu bulan dan bisa mencapai target sasaran. Serta juga terus meningkatkan sosialisasi imunisasi polio kepada masyarakat, karena dampak penyakit polio sangat berbahaya bagi anak-anak,” tegas Menkes Budi Gunadi Sadikin, Senin (5/12/2022).

Selain memberi target, Budi juga memberi apresiasi bagi tenaga kesehatan dan pemerintah Aceh dalam pelaksanaan imunisasi polio di Kabupaten Pidie.

“Saat ini realisasi imunisasi di Pidie sudah mencapai angka 79,5 persen, saya akan beri waktu seminggu lagi agar target 96 persen bisa tercapai,” ujar Budi Gunadi.

Di tempat yang sama, Pj Gubernur Aceh Achmad Marzuki mengajak bupati dan wali kota di Aceh untuk serius melaksanakan dan menyukseskan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio yang telah dicanangkan di daerah setempat.

“Saya instruksikan kepada seluruh bupati/wali kota, beserta jajaran di bawahnya untuk serius melaksanakan Sub PIN Polio ini, sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat,” kata Achmad Marzuki di Anjong Mon Mata, Banda Aceh.

Ia menjelaskan Sub PIN Putaran 1 sudah dimulai sejak 28 November 2022 di Kabupaten Pidie dan mulai Senin 5 desember, dicanangkan secara serentak untuk seluruh kabupaten/kota di Aceh.

“Sekali lagi saya ulangi kepada seluruh bupati/wali kota dan forkopimda masing-masing, bisa serius melaksanakan SUB-PIN polio sehingga target 95 persen anak usia 0-12 tahun terimunisasi polio dapat tercapai,” katanya.

Untuk tahap pertama periode 5-12 Desember, pelaksanaan SUB-PIN Polio akan dilaksanakan di Kota Banda Aceh, Kota Sabang, Kabupaten Aceh Besar, Kabupaten Pidie Jaya, Kabupaten Bireun dan Kabupaten Aceh Utara.

Pemerintah Aceh menargetkan 1,2 juta anak di Aceh mendapat imunisasi polio dalam sebulan. Minimal 1,15 juta anak atau 95 persen bisa diimunisasi hingga akhir Desember 2022.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/05/214837278/menkes-budi-beri-waktu-seminggu-96-persen-anak-di-pidie-aceh-divaksin-polio

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke