Salin Artikel

Mendikbudristek Minta Pemda Segara Angkat Guru Honorer yang Sudah Lolos Seleksi PPPK

“Untuk mengatasi hal tersebut kami mendorong Pemda untuk mengangkat para guru yang sudah lolos seleksi agar bisa memenuhi kebutuhan formasi guru di setiap daerah,” kata Nadiem.

Hal itu disampaikan dalam pidatonya dihadapan 9.000 guru se-Indonesia dalam acara HUT PGRI ke 77 dan Peringatan Hari Guru Nasional, di Marina Convention Center, Semarang, Sabtu (3/12/2022). 

Meski terdapat berbagai macam ketidaksempurnaan, tahun lalu 300.000 guru honorer sudah diangkat menjadi PPPK. Sementara tahun ini dibuka formasi guru PPPK sebanyak 320.000 guru.

Pihaknya juga telah berkoordinasi lintas Kementerian untuk memastikan bahwa anggaran gaji dan tunjangan guru PPPK tidak digunakan untuk kebutuhan lainnya.

“Bahkan tidak boleh untuk kebutuhan lain di bidang pendidikan. Hanya untuk guru PPPK untuk tahun depan,” tegas Nadiem.

Selanjutnya, anggaran bagi guru PPPK hanya akan ditransfer ke pemda setelah guru-guru honorer tersebut lolos seleksi PPPK.

Pada kesempatan itu, Nadiem mengucapkan terima kasih atas dedikasi PGRI untuk menjadi organisasi profesi yang terus mengedepankan semangat kolektif dan kebersamaan.

“Saya tahu bahwa banyak dari anggota dan pengurus PGRI yang terlibat dalam berbagai program-program terobosan Merdeka Belajar,” tuturnya.

Ia berharap momentum hari ulang tahun PGRI dan Hari Guru Nasional tahun ini akan semakin menguatkan gotong royong untuk memajukan pendidikan Indonesia.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/04/054500878/mendikbudristek-minta-pemda-segara-angkat-guru-honorer-yang-sudah-lolos

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke