Salin Artikel

Festival Moderasi Beragama, Umat Hindu Menari di Kompleks Candi Prambanan

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Hindu Kementerian Agama Republik Indonesia menggelar Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 di pelataran Garuda Mandala, Kompleks Candi Prambanan, DI Yogyakarta, 1 sampai 5 Desember 2022.

Festival dengan tema "Harmoni dalam Keberagaman" ini menghadirkan 521 peserta dari 34 provinsi dengan rangkaian kegiatan utama, meliputi festival kesenian yang menampilkan 61 penampilan seni tari, musik tradisional, lagu keagamaan, dan seni kreasi dari berbagai daerah di Indonesia.

Lalu pameran produk-produk UMKM yang merupakan upaya Ditjen Bimas Hindu Kemenag RI untuk membangkitkan pergerakan UMKM Hindu. Produk-produk yang dipamerkan berupa makanan-minuman, suvenir, dan paket wisata budaya.

Acara lainnya adalah sarasehan dengan tema Potret Moderasi Hari ini dan tantangannya ke depan. Kegiatan diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada tokoh Hindu Jawa Tengah dan DI Yogyakarta.

Dirjen Bimas Hindu Kemenag RI, I Nengah Duija dalam keterangan tertulis mengatakan, festival ini dilaksanakan sebagai bentuk komitmen umat Hindu dalam menjaga kesatuan dalam keberagaman bangsa.

“Festival ini adalah bentuk komitmen umat Hindu Indonesia dalam memperkuat kehidupan beragama yang moderat melalui kesenian dan budaya nusantara,” ujar I Nengah Duija, Sabtu (3/12/2022).

Sementara itu, Staf Khusus Menteri Agama Abdul Rochman yang mewakili Menteri Agama menjelasksan, konsep moderasi beragama merupakan rumah bersama bagi bangsa Indonesia.

“Penguatan moderasi beragama pada dasarnya adalah menghadirkan negara sebagai rumah bersama yang adil dan ramah bagi bangsa Indonesia untuk menjalani kehidupan beragama yang rukun, damai, dan makmur. Moderasi beragama sesungguhnya merupakan kunci terciptanya toleransi dan kerukunan, baik di tingkat lokal, nasional, maupun global.”

Abdul Rochman mengapresiasi Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 di Candi Prambanan.

“Pemerintah menyambut baik penyelenggaraan festival ini dan memberikan apresiasi kepada panitia penyelenggara atas karma bhaktinya, mudah-mudahan kegiatan yang diselenggarakan ini dijadikan pedoman bagi umat dalam menggali dan mengimplementasikan nilai-nilai luhur kearifan lokal yang ada di Nusantara,” katanya.

Abdul Rochman juga berharap Festival Penguatan Moderasi Beragama Berbasis Seni Keagamaan Tahun 2022 mampu menguatkan nilai-nilai agama dan budaya.

“Melalui festival ini diharapkan mampu menguatkan nilai-nilai agama dan budaya sekaligus mampu memperkenalkan kepada masyarakat luas betapa kayanya keanekaragaman budaya Nusantara sebagai jati diri bangsa Indonesia,” katanya.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/03/084657978/festival-moderasi-beragama-umat-hindu-menari-di-kompleks-candi-prambanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke