Salin Artikel

Anggota Brimob Polda Lampung Gugur Ditembak KKB Dianugerahi Kenaikan Pangkat

Kepala Bidang Humas Polda Lampung Komisaris Besar (Kombes) Zahwani Pandra Arsyad mengatakan Bripda Gilang mendapat kenaikan pangkat luar biasa dari Kapolri atas pengabdiannya.

Pangkat putra Lampung Selatan yang berdinas di Satbrimob Polda Lampung itu kini menjadi Brigadir Satu (Briptu) Anumerta.

"Kenaikan pangkat luar biasa ini seperti yang tertuang dalam petikan keputusan Kapolri Nomor: Kep/1657/XI/2022," kata Pandra di Mapolda Lampung, Jumat (2/12/2022).

Pada surat keputusan itu, Gilang yang gugur saat bertugas di Papua mendapat kenaikan pangkat per 30 November 2022.

Disemayamkan di Mako Brimob

Jenazah Briptu Gilang tiba di Lampung pada Jumat (2/12/2022) dini hari sekitar pukul 02.00 WIB.

Jenazah Briptu Gilang pun sempat disemayamkan di Mako Brimob Polda Lampung untuk memberikan rekan kerjanya penghormatan terakhir.

Penerimaan jenazah dipimpin oleh Kapolda Lampung Inspektur Jenderal (Irjen) Akhmad Wiyagus dari Dansatgas Banops Damai Cartenz Satuan Polda Lampung AKBP Hendri JP Siahaan.

"Dalam pengabdiannya menjaga kesatuan NKRI, terjadi kontak senjata dengan KKB. Briptu (Anumerta) Gilang gugur dalam tugas," kata Kapolda Lampung.

Isak tangis keluarga besar menyambut kedatangan jenazah gilang yang diselimuti dengan bendera Merah Putih.

Jenazah pemuda ini kemudian dimandikan oleh pihak keluarga sebagaimana permintaan orangtuanya.

Jasadnya lalu dimakamkan secara militer di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Desa Triharjo.

Diberitakan sebelumnya, anggota Brimob Polda Lampung Brigadir Dua (Bripda) Gilang Aji Prasetyo gugur usai kontak senjata di wilayah Yahukimo, Provinsi Papua.

Diduga kontak senjata itu terjadi saat regu Satgas Ops Damai Cartenz diberondong kelompok yang diduga KKB pada Rabu (30/11/2022) sekitar pukul 16.15 WIT.

Regu ini mengalami kontak senjata di Jembatan 2 Jalan Poros Logpon KM 7, Kabupaten Yahukimo usai melakukan patroli di sekitar Kota Dekai.

https://regional.kompas.com/read/2022/12/02/125727178/anggota-brimob-polda-lampung-gugur-ditembak-kkb-dianugerahi-kenaikan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke