Salin Artikel

Ditanya Soal Surat Panggilan Penerima Bantuan, Kadus di Pangandaran Pukul Ketua RT Saat Acara Hajatan Warga

KOMPAS.com - Seorang kepala dusun (kadus) melayangkan tinjunya ke ketua RT di Pangandaran lantaran ditanya soal surat panggilan warga penerima bantuan pangan nontunai (BPNT).

Insiden tersebut terjadi saat berlangsungnya hajatan tetangga sang kadus di Dusun Cirateun, Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Rabu (30/11/2022).

Kepala Desa Putrapinggan, Juhen membenarkan adanya kekerasan yang dilakukan kadus terhadap ketua RT 01/05.

Menurutnya, ketua RT yang menanyakan surat panggilan penerima BPNT ke kadus itu tidak pada tempatnya.

Hal ini karena biasanya kadus akan memberikan surat tersebut ke rumah RT langsung, namun karena adanya selisih paham hingga terjadi aksi pemukulan.

"Biasanya kan surat panggilan itu langsung diberikan oleh Pak Kadus ke Pak RT-nya. Tapi, saat Pak Kadus mau memberikan surat panggilan ke rumah Pak RT, kebetulan saat itu Pak RT-nya enggak ada. Katanya, sedang nyadap kelapa," ujar Juhen dikutipd dari TribunJabar, Kamis (1/12/2022).

Sementara saat malam hari, kadus sedang membantu tetangganya yang kebetulan sekretaris desa akan mengadakan acara.

"Sementara Pak RT-nya bertanya soal surat panggilan bantuan ke Pak Kadus karena alasannya ada beberapa warga yang menanyakan," ucap dia.

Juhen menambahkan, permasalahan ini hanya karena terlambat memberikan surat panggilan, dan ketua RT yang menanyakan hal ini di tempat umum.

Setelah terjadinya aksi pemukulan ini, kedua pihak sudah melakukan perdamaian dan kesepakatan untuk tidak mengulanginya lagi.

"Alhamdulilah, tadi pagi sudah ditemukan dan disaksikan oleh bhabinkamtibmas, babinsa, tokoh masyarakat serta aparatur desa. Kedua pihak sudah membuat kesepakatan dan termasuk konsekuensi ketika ada kejadian serupa, yang bersangkutan siap mundur menjadi kadus," ucap Juhen.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul Ketua RT di Pangandaran Dibogem Kepala Dusun karena Tanyakan Surat Panggilan Penerima BPNT

https://regional.kompas.com/read/2022/12/02/124915078/ditanya-soal-surat-panggilan-penerima-bantuan-kadus-di-pangandaran-pukul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke